Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Amak Baldjun Tutup Usia

Kompas.com - 05/01/2011, 09:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Dunia perfilman nasional kembali kehilangan aktor terbaiknya. Aktor senior Amak Baldjun wafat pada usia 68 tahun pada Rabu (5/1/2011) pukul 04.45 WIB, setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Thamrin, Jakarta, akibat serangan stroke.

"Ini serangan stroke yang ketiga sehingga menyebabkan pendarahan di batang otak. Bapak koma sejak Minggu (2/1/2011)," kata Farhana (34), putri kedua Amak Baldjun, dihubungi di rumah duka, Jalan Kebalen, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu.

Menurut Farhana, serangan stroke ketiganya datang ketika ayahnya usai menunaikan shalat ashar. "Setelah salam terakhir, Bapak langsung pingsan dan tak sadarkan diri," kata Farhana.

Banyak film yang telah dibintangi  pria kelahiran Surabaya, 12 Juli 1942, itu. Ia pernah dinominasikan meraih Piala Citra atas perannya dalam Ramadhan dan Ramona (1992). Film terakhir yang dibintanginya adalah film Ayat-Ayat Cinta garapan Hanung Bramantyo. Ia berperan sebagai seorang hakim.

"Itu terakhir film Bapak. Setelah itu vakum dari teater dan film. Beliau lebih banyak melakukan kegiatan di rumah, kumpul sama teman dan mengadakan kegiatan sosial," ujar Farhana. Amak meninggalkan tiga anak perempuan, yakni Rehana (37), Farhana (34), dan Naila (28), serta dua cucu laki-laki. Istrinya, Farida, telah lebih dahulu meninggal pada April 2008.

Rencananya Amak akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta Pusat, setelah shalat dzuhur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com