Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elfa, Pengorbit Penyanyi dan Komposer

Kompas.com - 09/01/2011, 03:06 WIB

KOMPAS.com — Elfa Secioria yang dikenal sebagai pengorbit sejumlah penyanyi serta komposer musik dan pencipta lagu meninggal dunia dalam usia 52 tahun, Sabtu (8/1/2011) sekitar pukul 17.00 WIB di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta.

Meninggalnya Elfa, yang dalam setiap penampilan selalu tenang di belakang alat musik yang dimainkannya, mengejutkan sejumlah penyanyi dan musikus, terutama yang pernah diorbitkan oleh almarhum.

Kabar meninggalnya Elfa, yang memiliki nama lengkap Elfa Secioria Hasbullah Ridwan ini, diketahui dari akun Twitter beberapa artis Ibu Kota yang mengenal almarhum secara langsung.

Penyanyi muda Sherina dalam akun Twitter-nya hari Sabtu  menulis "Telah meninggal guru, mentor, musisi jenius, inspirator Om Elfa Secioria. Too schocked. Words fail for me".

Adapun akun Twitter komposer dan pencipta lagu Yovie Widianto, yang merupakan bekas anak didik Elfa, menyatakan  "Innalillahi wa inna lillahi rojiun, kakakku tercinta, guru musikku & composer besar Indonesia." 

Selama kariernya, Elfa banyak mengorbitkan penyanyi-penyanyi berbakat seperti Sherina, Andien, Yana Julio, Rita Effendi, dan Hedi Yunus.

Lahir di Garut, Jawa Barat, 20 Februari 1959, Elfa memang berasal dari keluarga yang senang musik.

Ayahnya, Hasbullah Ridwan, seorang polisi militer yang aktif dalam bermain musik, dikenal sebagai konduktor dan pemain jazz.

Elfa menempuh pendidikan mulai dari SD sampai SMA di Bandung, Jawa Barat. Kemudian, melanjutkan ke Akademi Teknologi Nasional di Bandung (sampai tingkat II, 1980).

Mulai berlatih piano pada usia 5 tahun. Pada usianya yang kedelapan, ia menjadi pemain piano dalam Trio Jazz Yunior IVADE. Mengikuti piano privat 1 dan 2 di Bandung (1970-1974), mempelajari musik simfoni di Bandung (1971-1978), dan belajar aransemen orkestra di Bandung (1974-1978).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com