Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTN "Keukeuh" Gelar Seleksi Mandiri

Kompas.com - 10/01/2011, 09:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah perguruan tinggi negeri tetap bersikukuh menyelenggarakan seleksi mandiri sebelum pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sikap ini bertolak belakang dengan kebijakan yang digariskan pemerintah.

Pemerintah telah mengeluarkan ketentuan agar PTN mulai 2011 menyelenggarakan seleksi masuk secara mandiri setelah pelaksanaan SNMPTN sekitar Juni 2011. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah, ditegaskan keharusan bagi PTN menerima mahasiswa baru lewat seleksi nasional (SNMPTN ujian tulis dan undangan) minimal 60 persen dan jalur mandiri sekitar 40 persen.

Bahkan di Pasal 6 diatur bahwa penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dilaksanakan setelah penerimaan mahasiswa baru secara nasional. Namun, kenyataannya, sejumlah PTN telah membuka pendaftaran seleksi mandiri.

Ada PTN yang membuka pendaftaran dan menggelar ujian tulis sebelum SNMPTN. Ada juga PTN yang membuka pendaftaran terlebih dahulu, tetapi pelaksanaan ujian tulisnya setelah SNMPTN.

Seleksi mandiri sebelum SNMPTN, antara lain, dilakukan Institut Teknologi Bandung. Pendaftaran seleksi mandiri lewat jalur Penelusuran Minat, Bakat, Potensi ITB (PMBP-ITB) dan Kemitraan Nusantara ITB dibuka secara online pada 1 Februari-1 April 2011. Adapun ujian tulis dilaksanakan pada 30 April-1 Mei.

Rektor ITB Akhmaloka mengatakan, seleksi mandiri ITB tetap dilaksanakan sesuai dengan rencana semula. Pasalnya, ITB saat ini masih dalam masa transisi dan berstatus sebagai PTN badan hukum milik negara.

Dengan demikian, Akhmaloka menilai ketentuan pelaksanaan seleksi mandiri setelah SNMPTN belum mengikat ITB. Sebab, ITB saat ini bukan perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah.

”Yang penting ITB tetap komitmen menerima mahasiswa baru lewat seleksi nasional, minimal 60 persen. Bahkan ke depannya kalau bisa 100 persen,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Administrasi Akademik Universitas Gadjah Mada yang juga Ketua Ujian Masuk UGM Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, tahun 2011 UGM tetap melaksanakan ujian mandiri sebelum SNMPTN. Ujian masuk UGM dari jalur mandiri, yang diberi nama Ujian Tulis Jalur Penelusuran Bakat Swadana, akan dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu 27 Maret 2011.

”Jadwal ini sudah telanjur diinformasikan ke masyarakat sejak Oktober 2010. Adapun peraturan soal jalur mandiri harus sesudah seleksi nasional baru saja keluarnya,” katanya di Yogyakarta.

Menurut Budi, perubahan jadwal seleksi secara mendadak dikhawatirkan akan membuat masyarakat kebingungan. (ELN/IRE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com