Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menunggu Novel "Negeri 5 Menara" Difilmkan

Kompas.com - 14/01/2011, 00:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi akan segera diangkat ke layar lebar dan rencananya sudah akan bisa ditonton pada pertengahan Desember 2011.

"Saat ini sudah proses produksi, sudah masuk ke draf kedua skenario," kata penulis skenario yang juga menjadi sutradara film tersebut, Salman Aristo, di acara talk show "Ngobrol Bareng Bersama A Fuadi" di Jakarta, Kamis (13/1/2011).

Aristo mengaku sudah memulai riset untuk film tersebut sejak sebelum Ramadhan 2010 atau pertengahan tahun lalu dan telah merasa puas dengan riset yang dilakukannya bersama penulis novelnya, Ahmad Fuadi.

Sementara itu, Ahmad Fuadi mengatakan, setelah beberapa bulan buku pertamanya terbit, ia memang ditawari sampai 10 pihak yang berminat mengangkat novelnya ke layar lebar.

"Waktu pertama saya ditawari, saya belum siap. Tapi, saya punya tim diskusi. Saya balik ke misi awal saya ketika menulis novel, yakni sharing. Akhirnya saya OK dan mulai mencari 'partner' yang paling cocok. Dan, Salman Aristo saya lihat cukup berpengalaman," katanya.

Ia menyatakan bangga, saat ini novelnya diberi cap best seller karena telah laku 155.000 kopi atau sudah dibaca oleh sangat banyak orang. Namun, menurut dia, dengan difilmkan efeknya akan menjadi luar biasa.

"Kami sudah kerja sama dengan Aris dan kawan-kawan, sudah riset ke Pondok Pesantren Gontor dan melihat bagaimana menjadi Alif, dan sudah mulai tahap skenario," katanya.

Pada talkshow bersama Ahmad Fuadi tersebut hadir pula artis Ferdi Nuril yang menjadi tokoh utama, Fahri, dalam film Ayat-ayat Cinta. Namun, ia menampik akan membintangi film tersebut dan menyatakan hanya datang karena menyukai novel tersebut.

Novel Negeri 5 Menara yang diterbitkan pada Juli 2009 telah dicetak sembilan kali dengan oplah mencapai 155.000 eksemplar hanya dalam waktu lebih dari setahun.

"Buku ini mencetak rekor baru buku lokal, yakni buku yang paling banyak dicetak sepanjang 36 tahun usia penerbit Gramedia Pustaka Utama," kata Vice Director Gramedia Publisher Thomas Athanasius.

"Karena buku tersebut sudah laku lebih dari 100.000 eksemplar, maka Negeri 5 Menara pantas dianugerahi 'Mega Best Seller' sesuai kriteria yang digunakan Gramedia," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com