Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Dukung Budaya Bersepeda

Kompas.com - 17/01/2011, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan dan murah. Selain itu, dengan bersepeda juga akan mengurangi polusi udara yang berasal dari kendaraan bermotor. Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mendukung budaya bersepeda bagi warga Ibu Kota.

Salah satunya melalui program Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Melalui HBKB, para pecinta sepeda semakin bebas mengendarai sepedanya di jalanan Jakarta.

“Adanya pelaksanaan HBKB bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin bersepeda di hari libur. Karena masyarakat bisa leluasa bersepeda bersama-sama di ruas jalan Ibu Kota,” kata Prijanto, Wakil Gubernur DKI, saat melepas 7.000 peserta sepeda ria di Parkir Timur Senayan dalam peringatan ulang tahun salah satu televisi swasta nasional, Minggu (16/1/2011).

Menurut Prijanto, bersepeda banyak memberikan efek positif. Diantaranya dapat menciptakan suasana hati yang tenang. “Dengan membiasakan diri bersepeda, masyarakat akan lebih sehat,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono mengatakan, Pemprov DKI tengah mengkaji pembuatan jalur khusus sepeda. Menurutnya, jalur sepeda yang dikaji ini terbagi tiga kategori, yaitu bike path atau jalur sepeda yang terpisah dengan kendaraan bermotor, bike line yakni penyediaan jalur sepeda di jalur paling kiri pada ruas jalan raya, serta bike road yakni jalur sepeda yang dicampur dengan kendaraan bermotor namun ditandai oleh rambu-rambu atau marka jalan.

"Dari tiga kategori itu, sejauh ini yang dianggap paling cocok untuk diterapkan di Jakarta adalah bike path. Dan bike path kemungkinan dapat diterapkan di ruas jalan yang masih baru, seperti di pinggiran Kanal Banjir Timur (KBT)," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com