Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SID Masuk Daftar 50 Band Populer Billboard

Kompas.com - 23/01/2011, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Band punk rock asal Bali, Superman Is Dead (SID), mencatat prestasi dengan masuk dalam daftar 50 band populer Billboard— lembaga pemeringkat lagu atau band populer (chart) yang berpengaruh.

SID menempati urutan ke-23 Billboard Uncharted. Ini merupakan chart terbaru Billboard yang diperkenalkan pada 20 Januari lalu. Band yang diawaki Bobby Kool (vokal dan gitar), Jerinx (drum), serta Eka Rock (bas) dipilih karena dianggap memiliki basis massa yang besar, yakni sekitar 1,6 juta orang, di Facebook.

Pemilihan berdasarkan survei terhadap sejumlah situs internet, seperti YouTube, Wikipedia, MySpace Music, Last.fm, dan jaringan media sosial, antara lain Facebook dan Twitter. ”Kami kaget bisa masuk daftar Billboard, tetapi tentu saja senang,” ujar Eka, Sabtu (22/1), menjelang tampil bersama SID di Senayan, Jakarta.

Wajar jika Eka kaget. Pasalnya, SID adalah band Indonesia pertama yang masuk dalam daftar Billboard. Untuk penyanyi solo, hanya Anggun yang pernah mencatatkan dirinya dalam daftar Billboard, yakni Billboard Hot Adult Top 40 Tracks tahun 1998 lewat lagu "Snow on the Sahara".

Apa makna pencapaian ini buat SID? "Ini tantangan baru buat kami. Tanggung jawabnya besar," ujar Eka.

Band yang pernah tampil dalam tur festival punk terbesar di dunia di Amerika Serikat, Warped Tour 2009, saat ini sedang menyiapkan album terbaru. "Kami sedang menyiapkan materinya. Dua bulan ke depan, mudah-mudahan sudah mulai masuk dapur rekaman," kata Eka. (BSW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com