Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shaggy Dog Suarakan Penyelamatan Orangutan

Kompas.com - 10/02/2011, 08:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Grup band Shaggy Dog sudah hampir satu tahun ini menjadi Duta Penyelamatan Orangutan melalui Centre for Orangutan Protection. Ke mana pun mereka memanggung, grup asal Yogyakarta ini akan menyelipkan kampanye penyelamatan kehidupan orangutan.

Personel Shaggy Dog terdiri dari Heru (vokalis), Richard (gitar), Raymond (gitar), Lilik (keyboard), Bandizt (bas), dan Yoyo (drum). Bandizt termasuk yang fasih menjelaskan soal kehidupan orangutan yang di ambang kepunahan.

Shaggy Dog beberapa kali menyusuri hutan-hutan di Kalimantan untuk melihat langsung kondisi kelompok orangutan. ”Kami selalu kampanye kalau manggung, mengajak penonton, terutama kaum muda, ikut menjaga kelestarian orangutan. Kalau tidak, tahun 2030 orangutan akan punah,” katanya. Aktivis Animal Friends Jogja ini mengingatkan, kondisi orangutan sangat menyedihkan.

Grup band yang telah mengeluarkan lima album ini sedang menyiapkan lagu-lagu untuk album berikutnya. Meski jarang tampil di layar televisi, Shaggy Dog sudah memanggung di luar negeri, seperti Belanda dan Australia. Ketika berpentas pada MuDA Creativity 4th Anniversary akhir pekan lalu, Shaggy Dog mengajak tiga wanita penggemarnya dari Belanda untuk melihat langsung penampilan mereka. (SIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com