"The Kings Speech" Berjaya di BAFTA Awards 2011

Kompas.com - 14/02/2011, 18:28 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LONDON, KOMPAS.com — Film The King's Speech kembali melanjutkan kekuasaannya selama musim penghargaan di industri film pada tahun ini. Di ajang British Academy of Film and Television Arts Awards (BAFTAs), film garapan sutradara Tom Hooper itu berhasil memboyong tujuh piala penghargaan pada malam penobatan yang dilangsungkan di London, Minggu (13/2/2011).

Selain mendapatkan penghargaan untuk Film Terbaik, The King's Speech juga mengantarkan para aktornya memboyong piala. Mereka adalah Colin Firth, yang diganjar penghargaan untuk Aktor Terbaik atas penampilannya sebagai Raja Inggris George VI, yang gagap; Helena Bonham Carter untuk Aktris Pendukung Terbaik, dan penghargaan Aktor Pendukung Terbaik diberikan kepada aktor Geoffrey Rush.

Di kategori Film Terbaik, film ini berhasil menyisihkan pesaing utamanya, yakni Black Swan, Inception , The Social Network, dan True Grit, yang semuanya dijagokan pada ajang Academy Awards 2011 pada 27 Februari mendatang.

Dua penghargaan lainnya diperoleh The King's Speech lewat kategori Musik Latar Terbaik, Skenario Asli Terbaik, dan Film Inggris Terbaik.  

Bagi Firth, kemenangannya kali ini melanjutkan prestasi serupa pada tahun lalu atas penampilannya dalam film A Single Man. "Saya senang bisa hadir kembali di sini, terima kasih BAFTA," ujarnya di atas podium.

Bintang film Black Swan, Natalie Portman, menjadi wanita yang paling berseri malam itu. Ia bersanding dengan Firth dan membawa pulang tropi Aktris Terbaik. Sayang, Portman tak berkesempatan hadir terkait kondisinya yang tengah berbadan dua. Penerimaan pialanya pun diwakilkan oleh sang sutradara, Darren Aronofsky.

Sementara itu, untuk kategori Sutradara Terbaik jatuh kepada David Fincher atas karyanya, The Social Network. Di ajang Oscar 2011, ia juga diunggulkan di kategori yang sama dan akan bersaing dengan para sutradara jagoan lainnya, yakni David O Russell  (The Fighter), Tom Hooper (The King's Speech),  Joel dan Ethan Coen (True Grit), dan  Darren Aronofsky (Black Swan).

Aktor Inggris, Tom Hardy, juga turut berbahagia setelah ia dinobatkan oleh publik lewat pengambilan suara sebagai penerima penghargaan Rising Star. Ia mengungguli bintang baru Spider-Man, Andrew Garfield; Gemma Arterton, dan Aaron Johnson.

Tak hanya mereka, pencipta Harry Potter JK Rowling dan para bintangnya, seperti Emma Watson dan Rupert Grint, juga naik panggung untuk menerima penghargaan khusus atas kontribusinya terhadap perfilman Inggris. Penghargaan serupa juga diberikan kepada aktor legendaris, Sir Christopher Lee.  

 

Berikut daftar pemenang BAFTA 2011:

Film Terbaik: The King's Speech
Aktor Terbaik: Colin Firth (The King's Speech)
Aktris Terbaik: Natalie Portman (Black Swan)
Aktor Pendukung Terbaik: Geoffrey Rush (The King's Speech)
Aktris Pendukung Terbaik: Helena Bonham Carter (The King's Speech)
Sutradara: David Fincher (The Social Network)
Film Produksi Inggris Terbaik: The King's Speech
Skenario Orisinal Terbaik: The King's Speech
Adaptasi Terbaik: The Social Network
Visual Efek Terbaik: Toy Story 3
Film Animasi Terbaik: Toy Story 3     

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.