Kesuksesan Datang Terlambat bagi Melissa Leo

Kompas.com - 28/02/2011, 10:35 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

HOLLYWOOD, KOMPAS.com — Melissa Leo mereguk kemenangan dalam malam penganugerahan Oscar di Kodak Theater, Hollywood, California, Amerika Serikat, dengan mengarungi perjalanan panjang di dunia perfilman setelah sukses merebut beberapa penghargaan dalam beberapa tahun terakhir.

Aktris veteran berusia 50 tahun ini memang telah dijagokan untuk memenangi kategori aktris pendukung terbaik untuk perannya sebagai ibunda petinju AS berdarah Irlandia, Micky Ward, dalam The Fighter.

Namun, Melissa Leo mengaku sempat kurang memiliki ketegaran sikap atau bertolak belakang dari perannya sebagai Alice yang rela berbuat apa saja bagi kedua putranya yang bergelut di dunia tinju serta berjuang menopang penghasilan keluarga.

"Saya bukan orang yang berkarakteristik seperti Alice. Saya bukan orang yang berkomitmen penuh dan berupaya maksimal dalam mencapai target," ujarnya dalam sebuah wawancara belakangan.

"Saya rasa apa yang membawa saya menjiwai peran itu adalah kepercayaan yang diberikan David terhadap diri saya," ujar Meliss,a yang mengarahkan pandangannya ke sang sutradara, David O Russell, yang juga dinominasikan sebagai sutradara terbaik lewat The Fighter.

Melissa Leo keluar sebagai peraih Oscar setelah masuk daftar nominasi untuk kategori aktris pendukung terbaik bersama sederet aktris lainn, seperti aktris Inggris Helena Bonham Carter, aktris AS Amy Adams, aktris Australia Jacki Weaver, serta aktris berusia 14 tahun Hailee Steinfeld.

Leo telah meraih Golden Globe untuk perannya dalam The Fighter bulan lalu bersama lawan mainnya, Christian Bale. Semula Leo tidak yakin merasa cukup tua untuk berperan sebagai ibu dua putra yang diperankan oleh aktor Hollywood, Mark Wahlberg (sebagai Micky) serta Bale (sebagai Dicky, kakak tiri Micky yang menjadi pecandu obat bius).

Saat mendapatkan peran itu, Leo mempertanyakannya kepada David, "Bukankah saya terlihat relatif muda untuk berperan sebagai ibunda Mark and Christian? Namun, lambat laun keraguan itu sirna dan saya terus berusaha dan yakin akan mampu untuk mengambil peran itu."

"Mungkin itulah rahasia terbesar di balik akting: Apabila yakin dengan peran yang dimainkan, bintang film juga dapat meyakinkan para penontonnya," tutur Leo.

Aktris kelahiran New York pada 1960 ini menjalani karier di dunia perfilman layar kaca dan layar lebar selama dua setengah dasawarsa. Namun, prestasi Leo baru diakui oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences dalam 2,5 tahun terakhir.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X