Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balawan Lesehan di Madison

Kompas.com - 09/03/2011, 14:26 WIB

MADISON, KOMPAS.com — Dalam rangka tur pertamanya di AS, I Wayan Balawan (37), sejak Selasa (8/3/2011) sore waktu setempat sudah berada di Madison, Wisconsin. Di kota ini, Balawan bersama I Nyoman Suarsana dan I Nyoman Suwida, dua pemain gamelan Bali dari Batuan Ethnic Fusion, grup yang dibentuk oleh Balawan di Bali pada 1997, akan mengadakan pertunjukan pada Rabu (9/3/2011) malam waktu setempat.

Kedatangan Balawan dan dua rekan bermusiknya tersebut disambut oleh R Anderson Sutton atau Andy, profesor etnomusikologi dan pengarah ensembel gamelan Jawa di University of Wisconcin (UW) Madison School of Music, Todd Hammes, dan sejumlah mahasiswa yang bergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di AS (Permias) Madison.

Di ruang belajar dan berlatih gamelan Jawa di perguruan tinggi tersebut, Balawan dan kawan-kawannya disuguhi aneka masakan Indonesia—sebut saja opor ayam, rendang sapi, dan ayam panggang—oleh para mahasiswa yang sedang menjalani kuliah di universitas itu. Cuma, minumannya minuman ringan bersoda.

Mereka menyantap hidangan tersebut bukan di meja makan, melainkan dengan berlesehan di atas karpet dan bantal duduk yang biasa digunakan untuk bermain gamelan Jawa di ruang tersebut. Mereka berbincang-bincang akrab di ujung musim dingin bersalju di Wisconsin. Ada saja yang jadi bahan pembicaraan mereka, dari soal unjuk rasa hampir sebulan oleh para pekerja terhadap kebijakan Gubernur Wisconsin Scott Walker hingga mengenai kerinduan para anggota Permias Madison tersebut akan martabak, meskipun di Madison ada piza lezat dari Ian's Pizza.

"Anggap saja ini selamatan, semoga besok semua lancar," ucap Andy, yang bisa berbahasa Indonesia, karena sejak 1973 telah sejumlah kali mengadakan penelitian di Tanah Air mengenai musik Indonesia, khususnya di Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

Dijadwalkan, Balawan akan tampil bersama Suarsana dan Suwida di Eastman Organ Recital Hall, UW-Madison School of Music, Rabu (9/3/2011) malam waktu setempat. Mereka akan menyuguhkan musik fusion mereka, jazz dengan musik etnik Bali. Mereka juga akan didukung oleh dua pemain musik setempat, Todd dan Nick Moran (bas).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com