Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum ke Kota Tua, Belum Pelancong...

Kompas.com - 12/03/2011, 07:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan sebut diri Anda pelancong sejati jika Anda belum menjelajahi objek-objek wisata di Kota Tua, Jakarta. Ada banyak pilihan tempat penuh sejarah yang patut Anda kunjungi. Sebagai panduan Anda berwisata di kawasan tersebut, Gramedia Pustaka Utama mengeluarkan buku "Wisata Kota Tua Jakarta" karya Edi Dimyati.

"Buku ini berawal dari semangat. Saya latar belakangnya bukan arkeologi, bukan ahli sejarah. Tapi saya senang berkunjung ke tempat-tempat baru, informasi-informasi baru," kata Edi Dimyati dalam peluncuran buku "Wisata Kota Tua" di Gramedia Matraman, Jakarta, Jumat (11/3/2011).

Dimyati menuturkan buku karyanya itu berusaha menyampaikan sejarah tapi dengan cara mudah. "Saya menulis tema sejarah seringan mungkin. Saya mematok tempat-tempat wisata di Kota Tua, jadi tidak semua tempat. Saya hanya mampu 26 lokasi, karena keterbatasan halaman," jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Kota Tua Candrian Attahiyat yang hadir sebagai pembicara menuturkan di buku tersebut perlu ada penambahan lokasi selain dari 26 lokasi yang ada di buku. "Tapi buku ini jadi bahan bacaan yang empuk dan bisa dicerna berbagai kalangan," kata Candrian.

Di dalam buku dibahas 26 objek wisata menarik di Kota Tua. Tak hanya Taman Fatahillah dan Museum Bahari yang sudah tenar. Tapi juga tempat lain seperti Galangan VOC, Toko Merah, sampai Rumah Abu dan tempat menarik lainnya. Selain itu, Edy juga mengupas komunitas-komunitas yang berhubungan dengan Kota Tua. Ia juga memberikan panduan untuk berjelajah dan peta Kota Tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com