Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balawan: Hollywood, "Nothing"

Kompas.com - 13/03/2011, 03:16 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Sudah berada di Amerika Serikat (AS), I Wayan Balawan (37) harus berwisata di Hollywood, Los Angeles (California). Itu yang mula-mula ada di kepala gitaris dari Bali ini. Tetapi, begitu pulang dari Hollywood, ia mengaku tak mendapat sesuatu yang istimewa dari sana. Mengapa?

Balawan mengaku suka menonton film Hollywood. Makanya, ketika menjalani tur musik pertamanya di AS, yang sampai saat ini masih berlangsung, ia menyempatkan diri terbang dari San Francisco (California) untuk tinggal dua hari satu malam, 6-7 Maret 2011, di Los Angeles, dan menjadi turis di dua tempat yang ada hubungannya dengan film.

Tempat pertama yang dikunjunginya adalah Venice Beach, pantai wisata yang biasa dijadikan lokasi pembuatan film. Ia ditemani oleh suami istri kenalannya yang menetap di Los Angeles, Robert dan Annie, serta seorang teman lamanya ketika berkuliah di Australia Institute of Music, Sydney, Blanka. Wiwiek Siswanti dari Indonesia, yang ikut mengurus tur Balawan di AS; Kompas.com, yang bersama Kompas menjadi sponsor tur tersebut; dan Tjetjep Suparman, pemerhati musik Balawan yang pernah bekerja di Kementerian Budaya dan Pariwisata; juga turut.

Di Venice Beach, 6 Maret siang, Balawan dan kawan-kawan mencuci mata. Berbagai cara orang di sana yang berusaha mencari nafkah menarik perhatian Balawan. "Orang bisa cari uang cuma dengan pakai celana renang," ujar Balawan ketika melihat seorang pria, yang berkulit coklat gelap dan berbadan besar, hanya mengenakan celana renang dan meminta uang setiap ada turis yang memotretnya.

Balawan dan teman-temannya juga mencuci mulut. Mereka mencicipi pupusa, makanan dari El Savador, mirip pizza.

Hollywood baru dikunjungi oleh Balawan pada malam hari, diantar-jemput oleh Robert dan Annie. Tetapi, di sana Balawan hanya berjalan-jalan sembari melihat-lihat di pelataran museum patung lilin Madame Tussaud's, Kodak Theatre, dan Chinese Theatre, serta di Walk of Fame alias kaki lima tempat nama-nama aktris Hollywood diabadikan.

Sepulang dari sana, ketika oleh Robert, Annie, dan Kompas.com ditanya mengenai komentarnya, Balawan menjawab, "Nothing. Enggak ada yang istimewa. Cuma gitu saja, ramai orang jalan-jalan." Lanjutnya, "Enggak seru. Yang seru mungkin kalau ada artis-artis filmnya, seperti saya lihat di televisi, di tayangan Oscar."

Waktu Balawan berada di Los Angeles memang singkat. Kalau memiliki waktu luang lebih banyak, ia mungkin bisa menikmati Universal Studios dan Disneyland.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com