Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bareng Bule Berlatih Gamelan di Denver

Kompas.com - 15/03/2011, 02:25 WIB

DENVER, KOMPAS.com — Menjalani tur musik perdananya di AS, I Wayan Balawan (37) juga bertemu dengan orang-orang Bali yang menetap di AS dan para warga AS yang menaruh minat kepada seni Bali.

Di Denver, Colorado, contohnya, lelaki kelahiran Batuan, Sukawati (Gianyar), ini sempat ikut berlatih sebentar bersama Tunas Mekar, grup gamelan Bali di kota tersebut. Gamelan Tunas Mekar lahir pada 1988 berkat rintisan I Made Lasmawan. Lasmawan merupakan pemimpin grup gamelan itu sekaligus pengajar gamelan Bali yang tinggal di Colorado Springs, dekat Denver. Ia mengurus kegiatan-kegiatan bermusik di Colorado dari Balawan serta I Nyoman Suwida dan I Nyoman Suarsana, dua pemain gamelan Bali dari grup Balawan yang bernama Batuan Ethnic Fusion.

Minggu (13/3/2011) siang hingga sore waktu Denver, sebagaimana biasanya setiap Minggu, Gamelan Tunas Mekar berlatih di rumah Michael Fitts, pebisnis musik yang juga mengatur kegiatan-kegiatan bermusik Balawan dkk di Colorado. Peralatan gamelan Bali Tunas Mekar memang ditempatkan di ruang musik rumah Fitts.

Sebagian anggota grup tersebut merupakan orang-orang AS, termasuk Fitts dan istrinya, drumer Jill Fredericksen. Sebagian lagi orang-orang Bali yang tinggal di situ, seperti Lasmawan dan keluarganya.

Balawan, yang sudah belajar main gamelan Bali sejak berusia enam tahun di Batuan, ikut dalam bagian terakhir latihan tersebut. Sehabis berlatih, mereka dijamu hidangan sate ayam dan gudeg yang disiapkan oleh keluarga Lasmawan. Berikut adalah foto-foto latihan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com