Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andien: Kulit Cantik Tak Perlu Perawatan Mahal

Kompas.com - 17/03/2011, 23:46 WIB

KOMPAS.com - Nama Andien sudah tak asing didengar. Wanita berusia 25 tahun ini sempat melambung namanya sebagai gadis muda penyanyi jazz yang memiliki bakat menjanjikan. Meski mengaku gadis tomboy dan tak terlalu ribet merawat kecantikan kulitnya, Andien dipercaya oleh Pond's untuk menjadi duta bagi rangkaian perawatan kulit mereka, Flawless White.

Pengumuman resminya Andien menjadi duta bagi rangkaian Flawless White tersebut dilakukan di Pond's Institute, Kuningan, Jakarta, 17 Maret 2011. Usai acara, Andien sempat berbagi cerita kepada Kompas Female. Begini cerita Andien mengenai dirinya dalam menjaga perawatan kulit:

"Saya mengawali dunia seni simply karena senang nyanyi, jadi tidak berpikir akan menjadi sebuah profesi. Inginnya sekolah, sekolah lagi dan kemudian jadi (praktisi) Public Relations. Dari kecil sampai kuliah, tidak pernah terpikir diri aku sebagai produk. Aku nyanyi, ya sudah nyanyi saja. Dari dulu, bahkan hingga sekarang saya cenderung tomboy, tidak terlalu banyak memusingkan perawatan diri. Baru beberapa tahun terakhir ini aku merawat diri sebagai seorang wanita yang menjaga kefemininannya. Jadi, ketika Pond's menghubungi dan memberi kabar bahagia mereka ingin saya menjadi duta produknya, saya sangat tersanjung," celoteh Andien.

Menjadi seorang selebriti yang sering tampil di hadapan publik, otomatis semua akan berpikir bahwa Andien adalah tipe perempuan yang merawat diri dan sering ke salon atau pusat kecantikan. Ternyata, tidak. "Aku ini bukan orang yang rajin ke salon, aku enggak ingat kapan terakhir ke salon untuk luluran atau facial. Aku sangat jarang facial. Tapi, kalau aku di rumah, aku berusaha menjaga dan merawat kulit sebaik-baiknya. Di rumah, aku rajin mandi, dan pastikan 10 menit setelah mandi langsung mengoleskan lotion ke seluruh tubuh dan pelembap untuk wajah yang sudah dibersihkan. Itu saja perawatan rutinnya. Asal dilakukan konstan setiap hari dan tidak malas-malasan."

Tentu kulit akan terlihat makin cantik jika diberikan asupan yang bernutrisi dan tepat. "Selain perawatan kebersihan kulit, saya juga menjaga keseimbangan asupan. Sekarang, memang berkesinambungan, yang harus dihindari untuk menjaga kualitas suara dan yang harus dihindari untuk menjaga kecantikan kulit itu sama, seperti menghindari makanan yang berminyak dan yang pedas. Tetapi saya berusaha menjadi orang yang manusiawi. Jadi, saya tidak langsung menghindari penuh atau berpantang makan makanan seperti tadi, kalau memang ingin makan, saya akan makan, asal tidak berlebihan," jelas Andien yang mengaku memiliki jenis kulit normal-kombinasi.

Beruntung memiliki jenis kulit yang tak terlalu menyusahkan, Andien merasa ia cukup nyaman dengan kualitas kulitnya yang sekarang dan makin mengenal apa yang diperlukan kulitnya. "Perawatan itu cocok-cocokan dengan masing-masing individu. Dulu saya pernah coba scrub, dan malah memperparah kondisi kulit saya. Kita harus pintar-pintar memilih produk perawatan. Kalau saya tidak cocok untuk menggunakan produk perawatan yang rangkaiannya terlalu panjang, saya lebih cocok yang simpel, tetapi menjaga keseimbangan makan dan aktivitas. Saya tidak membatasi porsi makan, tetapi jenisnya saja yang dijaga. Tetapi saya menyeimbangkan juga dengan aktivitas fisik. Saya latihan Muay Thai 2 kali seminggu dan Pilates juga 2 kali seminggu," jelas Andien.

Dulu saya sempat hanya menggunakan 1 krim untuk siang dan malam. Tetapi makin ke sini saya menyadari bahwa kulit butuh perawatan yang berbeda untuk kondisi yang berbeda. Terlebih lagi sekarang ini saya banyak menggunakan make up, kalau dulu, saat kuliah, jarang pakai make up. Sekarang, paling tidak bedak, apalagi saat manggung, saya pasti menggunakan make up yang serius. Untuk mengatasi zat-zat kimia dari make up, saya memakai produk-produk perawatan yang bisa memperbaiki masalah kulit," jelas Andien.

Dalam rangkaian acara perkenalan Andien sebagai duta rangkaian produknya, Pond's juga memaparkan hasil penelitian klinisnya, bahwa kecantikan kulit saat ini tidak harus mahal. Produk Flawless White keluaran Pond's, setelah melalui uji klinis terhadap responden yang diminta mencoba produknya di salah satu sisi wajah dan sisi wajah lainnya menggunakan perawatan kulit dari merek lain yang lebih mahal merespon merasakan hal yang sama. Dengan harga produk berkisar antara Rp 27.000 - Rp 75.000, rangkaian produknya diklaim memiliki khasiat serupa rangkaian perawatan kulit wajah berharga jutaan rupiah.

"Yang membuat saya senang bergabung dengan Pond's adalah karena produknya bukan pemutih, tetapi pencerah. Saya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kealamiahan dan kemanusiawian, jadi saya setuju dengan prinsip mereka. Flawless White ini baik sekali karena tujuannya untuk mencerahkan seperti semula. Misal, kulit sempat menghitam karena banyak terpapar matahari, dengan produk ini, kembali ke kondisi semula. Saya rasa Pond's memilih saya karena siapa saya dan apa adanya figur saya yang tidak terlalu repot dengan perawatan kulit dan bahwa untuk memiliki kulit cantik tidak perlu banyak mengeluarkan biaya mahal," jelas Andien menutup pembicaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com