Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

G4S Ditunjuk Amankan Olimpiade

Kompas.com - 22/03/2011, 03:06 WIB

London, Senin - Panitia penyelenggara Olimpiade London 2012, LOGOC, mengumumkan penunjukan G4S sebagai perusahaan jasa keamanan untuk penyelenggaraan pesta olahraga multicabang tersebut. Bekerja sama dengan kepolisian dan pemerintah, perusahaan itu bertanggung jawab atas keamanan penyelenggaraan.

CEO LOGOC Paul Deighton, Senin (21/3), menyatakan, penunjukan G4S sebagai rekan kerja di bidang keamanan membuktikan masalah keamanan adalah persoalan dengan penanganan serius.

”G4S akan memastikan keamanan dan kenyamanan bagi para atlet dan pendukung yang datang,” kata Paul, seperti dikutip dalam situs resmi LOGOC.

Paul menjelaskan, penunjukan G4S menjadi rekan kerja di bidang keamanan olimpiade karena reputasinya sebagai perusahaan penyedia jasa keamanan dikenal luas di dunia internasional selama ini.

Perusahaan dengan 50.000 pegawai itu terkenal berpengalaman memberikan jasa keamanan pada penyelenggaraan kegiatan olahraga penting, seperti Ryder Cup, Wimbledon, dan Grand Prix Formula 1 di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Regional CEO G4S untuk wilayah Britania Raya dan Afrika, David Taylor Smith, mengaku gembira dengan penunjukan perusahaan itu sebagai penyedia jasa keamanan untuk Olimpiade London 2012 dan Paralympic Games 2012 sesudah olimpiade.

”Kami menjanjikan kondisi keamanan yang memberikan kenyamanan bagi para atlet yang berlaga dan juga bagi para pendukungnya sehingga mereka dapat menikmati kompetisi olahraga terbaik di dunia,” ujarnya.

Perusahaan pendukung

Sebelumnya, LOGOC menunjuk perusahaan peranti lunak dan peranti keras, Rapiscan Systems Limited UK, sebagai perusahaan penyedia alat-alat dan sistem keamanan. Perusahaan itu akan memasok lebih dari 2.000 alat pemindai untuk memindai kendaraan, orang, hingga tas di semua arena pertandingan Olimpiade London 2012.

Direktur Komersial LOGOC Chris Townsend menyatakan, memberikan rasa aman dan nyaman bagi para atlet, pendukung, dan panitia merupakan peran penting perusahaan jasa keamanan. Penunjukan Rapiscan sebagai tulang punggung pengamanan olimpiade membuktikan tekad panitia pelaksana.

Presiden Direktur Rapiscan Ajay Mehra menjanjikan tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi selama perhelatan Olimpiade London 2012.

”Kami memakai teknologi pemindai terbaru sehingga dapat menghasilkan tingkat keamanan yang tinggi,” kata Mehra.

Di semua arena kelak ada dua alat yang dipasang di arena pertandingan, yakni pemindai mata dan tangan biometrik.(AP/BBC/MHD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com