Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcella Zalianty: Semoga Lukanya Terobati...

Kompas.com - 31/03/2011, 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keinginan kuat aktris Marcella Zalianty untuk bisa menghasilkan sebuah karya film layar lebar sebentar lagi akan terwujud. Saat ini, ia tengah memproduksi film pertamanya, Batas, yang dijadwalkan akan dirilis Mei.

"Ini film yang bertema nasionalisme. Kisah tentang seseorang yang berhasil menembus batas baik secara geografi  dan psikologi sehingga berhasil menemukan kesadaran diri akan nasionalisme," ujarnya, kepada Kompas.com, baru-baru ini.  

Film ini menjadi semacam obsesi terbesarnya di panggung perfilman Tanah Air. Film yang akan melibatkan sutradara Rudi Soedjarwo dan aktor senior Slamet Rahardjo itu diharapkan makin meneguhkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda.  

Dua tahun lalu, keinginan untuk memproduksi film tak kesampaian, setelah film  Lastri kena "cekal" hingga akhirnya terpaksa tak dilanjutkan. Lastri adalah film yang diadaptasi dari buku Suara Perempuan Tragedi '65 karya Ita F Nadia. Oleh sebagian pihak, film yang disutradari oleh Eros Djarot itu dianggap menyebarkan paham komunis.

Lewat film Batas, Marcella berharap bisa mengobati lukanya itu. "Insya Allah bisa terobati. Melalui film ini, kita punya visi mengangkat kearifan lokal dan kultur budaya yang belum terangkat," ujar Aktris Terbaik Festival Film Indonesia 2005 lewat film Brownies tersebut.

Selain menjadi produser, di film Batas, Marcella juga ikut ambil bagian sebagai pemain. Ia akan berperan dengan Arifin Putra, Jajang C Noer, dan Ardina Rasti, serta Slamet Rahardjo yang didapuk sebagai penulis skenarionya. "Setelah filmnya kelar, nanti akan dirilis juga novelnya oleh penulis Akmal Nasery Basral," kata Marcella.

Akmal adalah seorang wartawan yang pernah menulis buku kumpulan cerpen Ada Seseorang di Kepalaku yang Bukan Aku (2006).  

Marcella menjelaskan, proses shooting berlangsung selama 25 hari dengan mengambil lokasi Jakarta dan Kalimatan. "Film ini melibatkan permainan lokal dan ada kultur Kalimantan Barat di dalamnya," ujar perempuan yang kini mengandung anak pertama buah pernikahannya dengan pebalap Ananda Mikola ini. 

Note: Bagi pembaca yang ingin menanyakan lebih lanjut mengenai aktivitasnya di dunia film dan proyek baru filmnya itu, silakan kirim pertanyaannya melalui e-mail ke: entertainment@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com