Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangkitkan Nasionalisme Melintasi "Batas"

Kompas.com - 06/04/2011, 16:43 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Road discussion Film Batas dan Potensi Daerah Perbatasan, kembali berlanjut. Setelah sebelumnya diselenggarakan di Jakarta, pekan lalu, kini giliran Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menjadi kota kedua diskusi dalam rangka promo penggarapan film Batas, yang diselenggarakan Keana Production berkerjasama dengan media sosial Kompasiana, di UPN Yogyakarya (6/4/2011).

Dalam diskusi kedua kali ini, hadir pembicara dari tim ekspedisi Wanadri dan produser sekaligus pemain film Batas, Marcella Zalianty dan Jajang C Noor beserta kru film tersebut. 

Sejumlah pengalaman tim ekspedisi Wanadri saat melakukan ekspedisi ke 92 pulau terluar Indonesia, menjadi bahan materi yang menarik disimak oleh lebih dari seratus peserta diskusi.  Tak hanya itu, para peserta juga disuguhi film dokumenter, yang menjadi cikal bakal dibuatnya film Batas.

"Film ini diperuntukkan untuk menggerakkan nasionalisme masyarakat terutama kaum muda," kata Marcella.

Untuk penyutradaraannya,  film Batas akan disutradarai Rudi Soedjarwo, yang tenar lewat filmnya Ada Apa Dengan Cinta?. Melibatkan sejumlah bintang baru dan pemain senior. Selain didukung aktor dan sutradara Slamet Rahardjo, film ini juga akan melibatkan aktris senior Jajang C. Noor. 

Di hadapan peserta diskusi, Jajang mengaku mendapatkan suasana dan tantangan baru dalam penggarapan film tersebut. Terlebih ketika proses shooting dilakukan di daerah perbatasan, tepatnya di Entikong, Kalimantan Barat, yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

"Ini pengalaman pertama shooting di kawasan tersebut. Saya salut dengan masyarakat di sana (Entikong), karena sangat santun dan sopan serta daerah pedalamannya yang asri dan bersih," ungkap Jajang.

Rencananya, film Batas akan diputar di bioskop seluruh Indonesia pada bulan Mei 2011.

Utuk lebih mendekatkan publik dengan isu-isu di wilayah perbatasan, Kompasiana dan Keanu, juga mengajak blogger di Indonesia untuk menceritakan pengalaman dan berbagi opini atau ide seputar wilayah perbatasan dan potensi daerahnya yang dikemas dalam Kompasiana-Film Batas Blog Competition di Kompasiana.com.

(nurulloh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com