Kitaro Akan Cipta Lagu tentang Tsunami Jepang

Kompas.com - 06/04/2011, 19:49 WIB
EditorAti Kamil

DEPOK, KOMPAS.com -- Kitaro mengaku merasakan kedukaan mendalam atas peristiwa gempa dan tsunami yang melanda negara asalnya, Jepang, dan menelan banyak korban. Pemusik multiinstrumentalis dunia tersebut berencana mencipta lagu khusus yang terinspirasi dari kejadian itu.

"Setelah rangkaian tur dunia ini, saya berencana akan membuat lagu tentang tsunami," ucap Kitaro, Rabu (6/7/2011), dalam jumpa pers di Gedung I Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, mengenai konsernya di Jakarta, Kamis (7/4/2011).

Lelaki bernama asli Masanori Takahashi ini mengaku pula belum sempat mencipta lagu yang terinspirasi dari gempa dan tsunami di Jepang karena masih menjalani tur dunianya, The Silk Road-East & West.

Gempa dan tsunami Jepang, ungkapnya, mengingatkannya kepada Tragedi 9/11. Trauma itu memberi inspirasi baginya untuk membuat lagu-lagu yang harapannya bisa ditularkan kepada para penikmat musiknya. "Perasaan saya ini bukan hanya untuk Jepang, melainkan juga untuk semua manusia di planet ini. Manusia berperang dan saling membunuh. Suatu waktu manusia memang tidak bisa melawan (kepada tragedi yang terjadi). Melalui musik, harapannya, semangat ini bisa hidup dalam musik saya," terangnya.

Direncanakan pula, 50 persen dari keuntungan yang didapat dari konser Kitaro di Jakarta, yang akan diselenggarakan di Plenary Hall, Jakarta Covention Center, akan disumbangkan untuk membantu pemulihan Jepang pascagempa dan tsunami.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X