Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kitaro Akan Cipta Lagu tentang Tsunami Jepang

Kompas.com - 06/04/2011, 19:49 WIB

DEPOK, KOMPAS.com -- Kitaro mengaku merasakan kedukaan mendalam atas peristiwa gempa dan tsunami yang melanda negara asalnya, Jepang, dan menelan banyak korban. Pemusik multiinstrumentalis dunia tersebut berencana mencipta lagu khusus yang terinspirasi dari kejadian itu.

"Setelah rangkaian tur dunia ini, saya berencana akan membuat lagu tentang tsunami," ucap Kitaro, Rabu (6/7/2011), dalam jumpa pers di Gedung I Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, mengenai konsernya di Jakarta, Kamis (7/4/2011).

Lelaki bernama asli Masanori Takahashi ini mengaku pula belum sempat mencipta lagu yang terinspirasi dari gempa dan tsunami di Jepang karena masih menjalani tur dunianya, The Silk Road-East & West.

Gempa dan tsunami Jepang, ungkapnya, mengingatkannya kepada Tragedi 9/11. Trauma itu memberi inspirasi baginya untuk membuat lagu-lagu yang harapannya bisa ditularkan kepada para penikmat musiknya. "Perasaan saya ini bukan hanya untuk Jepang, melainkan juga untuk semua manusia di planet ini. Manusia berperang dan saling membunuh. Suatu waktu manusia memang tidak bisa melawan (kepada tragedi yang terjadi). Melalui musik, harapannya, semangat ini bisa hidup dalam musik saya," terangnya.

Direncanakan pula, 50 persen dari keuntungan yang didapat dari konser Kitaro di Jakarta, yang akan diselenggarakan di Plenary Hall, Jakarta Covention Center, akan disumbangkan untuk membantu pemulihan Jepang pascagempa dan tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com