Ketum PP GP Ansor: Film "?" Sah Beredar

Kompas.com - 07/04/2011, 20:27 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Pemuda (PP GP) Ansor, yang membawahi Banser (Barisan Ansor Serbaguna), Nusron Wahid, menyatakan bahwa film ?, karya sutradara Hanung Bramantyo, sah beredar.

Hal itu disampaikan oleh Nusron pada jumpa pers usai acara menonton bareng dan peluncuran film ?, Kamis (7/4/2011) di Plaza Senayan, Jakarta. Sebelumnya, diberitakan, Banser Kota Surabaya mengajukan protes terhadap film ? dan meminta film itu direvisi. "Karena mengungkap Banser, ada sedikit kecelakaan adegan. Orang juga bebas menafsirkan. Apa yang ditafsirkan Hanung tentunya berbeda dengan apa yang masyarakat umum dan Banser tafsirkan. Inilah hermeneutika," kata Nusron.

Menurut Nusron pula, film itu merupakan bagian dari ekspresi manusia terhadap realita yang ada. Nusron menekankan bahwa ada aneka tafsir dalam menyajikan suatu realita ke dalam gagasan dan pemaknaan. "Ini sudah menjadi teks dan ini sah. Tapi, tentunya, ini belumlah sempurna. Hanung juga belum tentu memahami dengan sempurna. Lebih bagus lagi kalau ada tafsir yang lebih mendalam, in depth," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nusron juga memberi apresiasi gagasan besar yang diajukan oleh Hanung dalam film bertema pluralitas kehidupan beragama tersebut. "Film ini perlu didukung. Juga perlu didukung kemunculan Hanung-Hanung lain," ujarnya.

Bentuk dukungan, lanjut Nusron, harus diekspresikan dalam bentuk tanggapan, termasuk kritik, bukan pelarangan peredaran film. "Cuma, jika ada yang melarang suatu film, ini tidak sah," ujarnya lagi.

Selain itu, masih menurutnya, dukungan perlu pula diberikan dalam bentuk pertanggungjawaban sastra seperti kritik seni. Menanggapinya, Hanung mengatakan bahwa ia akan mengadakan kegiatan membedah film dan seminar tentang ?. "Seminar akan diadakan di Mojokerto (Jawa Timur) dan juga bedah film bersama masyarakat," terang Hanung.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X