Djaduk Ferianto: Ini Penampilan Terjelek Kitaro

Kompas.com - 08/04/2011, 10:48 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Usai menonton konser pemusik legendaris asal Jepang, Kitaro, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Kamis (7/4/2011) malam, pemusik Djaduk Ferianto melontarkan kesannya. Menurut Djaduk, penampilan pencipta komposisi "Matsuri" malam itu merupakan yang terjelek.

"Saya sudah empat kali menonton Kitaro dan ini yang terjelek," kata Djaduk. Di telinga Djaduk, repertoar yang disuguhkan oleh pria bernama asli Masanori Takahasi itu  membosankan bagi seseorang yang sudah pernah menonton konser Kitaro sebelumnya. "Rasanya belum begitu komplit, ada sesuatu yang mengganjal. Tidak ada repertoar yang baru, mungkin sudah stagnan," ujar Djaduk.

Belum lagi, menurut Djaduk, gempa dan tsunami Jepang tentu berpengaruh kepada kondisi psikologis Kitaro. "Mungkin karena ada persoalan di Jepang. Saya bisa merasakan aura itu. Ini memengaruhi kondisi psikologisnya," kata Djaduk lagi. "Pas sampai di encore, itu berasa banget enggak mendapat sesuatu," lanjutnya.

Namun, Djaduk tetap menghargai Kitaro. "Sebagai seniman, dia tetap seorang maestro. Sayang, sebagai pertunjukan, ini yang terjelek," tandasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X