Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coldplay Diminta Buka Olimpiade 2012

Kompas.com - 11/04/2011, 13:20 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Band Inggris, Coldplay, telah diminta untuk menyajikan secara khusus lagu "Welcome Song" pada upacara pembukaan Olimpiade 2012 yang akan digelar di London, Inggris, pada 27 Juli tahun depan.

Upacara pembukaan Olimpiade merupakan salah satu acara yang ditonton oleh paling banyak pemirsa di seluruh dunia. Tayangan upacara pembukaannya tahun depan diperkirakan akan ditonton oleh lebih dari dua miliar orang.  

Pihak penyelenggara kegiatan amal The Dartington Hall Trust akan menangani lagu tersebut dan telah menyebut vokalis band pencetak hit "In My Place" itu sebagai pilihan pertama mereka untuk membawakan lagu itu. Seorang sumber mengatakan kepada surat kabar Inggris The Daily Mirror, "Chris berada di paling atas pada daftar itu untuk menyanyikan lagu tersebut. Ia seorang bintang besar dan seorang ikon musik Inggris yang memiliki reputasi internasional."

Lanjut sumber yang sama, secara ideal Martin akan dihadirkan bersama para personel lain Coldplay. "Coldplay merupakan band rock terbesar yang mungkin tampil di stadion di Inggris untuk dewasa ini. Gaya mereka yang memiliki kaitan dengan musik kebangsaan akan sempurna jika ditampilkan dalam olimpiade tersebut," masih kata sumber itu.

"Hal ini harus menjadi sesuatu yang bisa memberi inspirasi," imbuhnya. "Mereka diharapkan bisa tampil dalam upacara pembukaan tersebut, selain juga memproduksi rekaman lagu tadi, yang bisa membantu penggalangan dana bagi kegiatan-kegiatan olahraga Inggris," kata sumber yang sama.

Saat ini belum jelas apakah Coldplay akan menciptakan lagu itu di samping juga menyuguhkannya, atau apakah akan diserahkan kepada pencipta lagu lain.

Upacara pembukaan Olimpiade 2012 akan diselenggarakan pada 27 Juli tahun depan dan akan diarahkan oleh sutradara film Slumdog Millionaire, Danny Boyle. Para artis musik lain yang masuk daftar ini antara lain Joss Stone, Muse, dan vokalis grup Gorillaz, Damon Albarn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com