Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Membatasi Diri Karena Merasa Tak Cantik?

Kompas.com - 21/04/2011, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Stereotip perempuan cantik dan seksi adalah mereka yang berparas mulus tanpa cela, bertubuh ramping menarik mata, masih saja terpelihara. Stereotip kecantikan perempuan ini kemudian membebani perempuan. Bahkan, tak sedikit perempuan membatasi diri untuk mengeksplorasi kebisaannya karena merasa tidak cantik, tidak berkulit putih, atau tidak memiliki tubuh ramping.

Memeringati Hari Kartini, dalam peluncuran album "Dengan Hati Senang" di fX Lifestyle Center, Jakarta, Rabu (20/4/2011) lalu, musisi Oppie Andaresta menegaskan pernyataan ini dalam lirik lagunya. Sebelum menyanyikan lagu berjudul Cantik & Seksi, Oppie memberikan sentuhan berbeda pada perayaan Kartini. Prinsip memberdayakan perempuan kental terasa melalui pesan tegas dan lugas di lagu ini.

"Tak perlu cantik untuk berhasil. Yang penting jujur dan bekerja keras. Tak perlu seksi untuk berprestasi. Yang penting happy dan percaya diri. Kecantikanmu terpancar dari hatimu dan jiwamu. Kecantikanmu terpancar dari ucapanmu dari perbuatanmu."

Potongan lirik lagu ciptaan Oppie tersebut menguatkan perempuan, agar tak terjebak dalam pencitraan seksi dan cantik yang sempit sebatas fisik. Karena kecantikan bukan dilihat dari tampak luarnya. Perkataan, perilaku, dan kepribadian positif membuat perempuan terlihat jauh lebih cantik. Kecantikan alami dalam diri inilah yang seharusnya mendorong perempuan mampu berdaya atas dirinya. Jadi, jangan batasi diri karena terjebak dalam persepsi sempit mengenai seksi dan cantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com