Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Addie MS Rekaman di Praha

Kompas.com - 22/04/2011, 17:10 WIB

LONDON, KOMPAS.com--Praha menjadi pilihan bagi Addie Muljadi Sumaatmadja, atau lebih dikenal sebagai Addie MS, salah satu pendiri Twilite Orchestra, untuk merekam karya-karya terbaiknya.

Salah satu konduktor orkestra terkemuka di Indonesia, itu saat ini tengah melakukan rekaman 25 lagu-lagu daerah Indonesia di Praha, Ceko, ujar Sekretaris Ketiga Penerangan, Sosial dan Budaya, KBRI Praha, Arif Sulaksono kepada Antara London, Kamis.

Dikatakannya kota Praha dipilih karena memiliki fasilitas studio rekaman bertaraf internasional yaitu Smecky studio yang berdiri tahun 1946, terletak tepat di tengah kota Praha, berdekatan dengan Wenceslas Square (Vaclavske Namesti) yang selalu penuh dengan turis.

Saat ini studio Smecky merupakan "rumah" bagi Prague Philharmonic Orchestra,yang adalah bagian dari Czech Philharmonie.

Studio Smecky bagian dari perusahaan perfilman raksasa milik Ceko Barrandov Studios salah satu studio film tertua di Eropa.

Dari awal berdirinya, Barandov Studios telah memproduksi rekaman musik untuk sekitar 2500 film Ceko maupun Internasional termasuk film blockbuster Hollywood seperti salah satu seri film Star Wars, `The Clone Wars' tahun 2008. Barrandov studios memiliki 9 studio besar ditambah studio outdoor dengan jumlah total area 106.000 m2.

Selain fasilitas sarana dan prasarana studio rekaman di Praha yang sangat maju, keindahan kota Praha yang dialiri sungai Vltava, dengan banyak taman dan suasana yang tenang dapat memberikan inspirasi bagi para seniman dalam menciptakan karyanya.

Menurut Addie MS, selama pengalamannya melakukan rekaman, Smecky Studio merupakan studio yang memiliki kualitas terbaik dan kota Praha terletak berdekatan dengan pusat asalnya symphony.

Selama rekaman Addie MS bekerjasama dengan kelompok Prague Symphony Orchestra yang dibentuk oleh Rudolf Pekarek pada 1934, dan telah tampil di berbagai film dan radio Ceko serta di Eropa, Jepang dan Amerika Serikat.

Sebagai upaya mengawali perkenalan orkestra Indonesia di Ceko, Duta Besar RI di Praha, Emeria W.A. Siregar, menjadi nyonya rumah pertemuan Addie MS dan rombongan dengan masyarakat Indonesia di Ceko dan media Ceko, di Wisma Duta Praha.

Dalam sambutannya Dubes di Praha menyampaikan penghargaannya bahwa kehadiran musisi ternama Indonesia Addie MS mengisi lembaran hubungan bilateral Indonesia dan Ceko dengan memperkenalkan orkestra Indonesia. Sumbangsih ini akan lebih meningkatkan hubungan bilateral kedua Negara, demikian Dubes Emeria W.A. Siregar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com