Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Once Bicara soal Hukum

Kompas.com - 27/04/2011, 08:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Jalan hidup sebagai seorang penyanyi telah diambil Vokalis Elfonda Mekel atau yang lebih dikenal dengan nama Once.

Karenanya, ia mengaku tetap akan menjadi seorang penyanyi, meski banyak pihak yang mendorongnya agar melanjutkan karier di dunia hukum, sesuai dengan ilmu yang diraihnya semasa kuliah di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia.  

Menyusul keluarnya dari grup band Dewa 19, banyak orang yang kemudian bertanya-tanya mengenai kelanjutan kariernya. Tak sedikit dari mereka menanyakan kabar yang menyebut bahwa selain bersolo karier, Once akan menempuh karier di dunia hukum. Apa jawaban Once mengenai hal itu? Berikut petikan jawaban Once atas sejumlah pertanyaan dari pembaca Kompas.com belum lama ini.

Perkenalkan saya Ario, salah satu fans berat Mas Once. Saya mau nanya seputar masalah background Sarjana Hukum yang Once pegang nih, yang ternyata kita satu almamater lho... Kira-kira Once bakal berminat kembali ke dunia hukum atau lawyering lagi tidak? Ario Triwibono, Bekasi, ario_t@xxx  

Once: Wah ini harus sekolah lagi. Tapi kalau berminat kembali lagi ke dunia hukum iya minat, tapi harus sekolah lagi karena sudah tidak cukup ilmunya.

Apa sudah nyaman banget dengan dunia tarik suara sehingga sudah enggan kembali ke dunia hukum? Saya harus memilih dunia tarik suara. Saya harus memilih, tapi bukan berarti saya enggak suka dunia hukum. Hidup ini memang harus memilih, saya enggak bisa menjalankan kedua-duanya.

Kalau ada tawaran kesempatan buat Mas Once untuk melanjutkan studi ke jejang yang lebih tinggi seperti S2/S3, kira-kira bakal Mas Once ambil tidak?   

Ya saya ambil. Inikan tawaran kesempatan ada beasiswanya ya boleh juga, paling dua tahun saja selesai.

Sebagai jebolan Hukum UI, bagaimana kamu melihat dunia hukum Indonesia?  Halizafitri, Bandung, Jawa Barat

Saya rasa hukum di Indonesia akan bertambah baik meskipun belum bisa menjadi mesin utama reformasi. Seharusnya hukum itu bisa merubah masyarakat dari berbagai aspek kehidupan masyarakat. Istilahnya itu sebagai engineer-nya itu hukum. Semoga hukum kita lebih berkembang dan memberikan kepastian bagi masyarakat. Yang terpenting adalah penegakkan hukum, karena kita masih lemah dalam hal penegakkan hukum. Kalau soal menyusun undang-undang itu bisa diperdebatkan di DPR. Jagolah untuk berdebat. Tapi apakah bisa ditegakkan? Ini semuanya butuh tekad!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com