Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcella Zalianty: Kisah dari Wilayah Perbatasan

Kompas.com - 15/05/2011, 15:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Marcella Zalianty (31) mewujudkan kepedulian pada nasib rakyat di daerah perbatasan Indonesia yang kerap luput dari perhatian dengan menggarap film Batas. Selain menjadi pemeran utama, di film ini untuk pertama kalinya Marcella juga menjadi produser.

Demi menggarap cerita berlatar pedesaan perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Kalimantan Barat, ini, Marcella dan tim, dengan bantuan TNI dan masyarakat setempat, mesti membuka jalan sendiri agar jalur yang semula hanya bisa dilewati sepeda motor bisa ditempuh dengan mobil gardan ganda.

Saat pengambilan gambar itu, Marcella yang kini tengah mengandung anak pertama, buah pernikahannya dengan Ananda Mikola, mengaku belajar banyak dari para perempuan di kawasan pedalaman. Mereka begitu tangguh meskipun hidup dengan keterbatasan lingkungan yang memprihatinkan.

”Film ini sebenarnya tidak hanya bercerita tentang batas geografis, tetapi lebih pada batas psikologis. Batas bisa berarti sekat atau ketentuan yang tidak boleh dilanggar. Ada batas yang digariskan agama, masyarakat, keluarga, juga batas yang dibuat oleh individu itu sendiri,” ujar Marcella.

Film arahan Rudi Soedjarwo ini, kata Marcella, menggambarkan bagaimana orang bereaksi terhadap batas-batas itu. (DAY)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com