Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kategori "Entrepreneurship Online" di Multiply

Kompas.com - 20/05/2011, 11:27 WIB

KOMPAS.com - Situs jejaring sosial Multiply kini berintegrasi dengan situs belanja online, sebagai fitur barunya. Multiply Commerce namanya. Melalui fitur baru dari Multiply ini, anggota situs bisa bertransaksi jual-beli online, dengan mekanisme dan sistem pembayaran online yang dikelola secara profesional. Bagi member Multiply, Anda bisa berjualan dengan tiga pilihan kategori penjual.

Multiply Commerce menyediakan tiga pilihan kategori penjual online. Pilihan ini diberikan untuk memudahkan transaksi online, sekaligus juga meningkatkan kepercayaan dan kenyamaan pembeli dalam berbelanja online melalui situs jejaring sosial.

Daniel Tumiwa, Country Manager Multiply Indonesia, menyebut peluang bisnis ini sebagai entrepreneurship online. Untuk menjamin kenyamanan berbelanja online, Daniel menyebutkan terdapat tiga pilihan kategori penjual di Multiply Commerce.

1. Trusted Seller
Untuk masuk kategori ini, pebisnis online harus memenuhi syarat usahanya sudah berjalan satu tahun. Pebisnis online membayar Rp 375.000 per tahun untuk masuk kategori ini.

2. Trusted Merchant
Syarat utamanya sama seperti Trusted Seller, pebisnis online memiliki usaha yang sudah berjalan satu tahun. Pebisnis online membayar Rp 525.000 per tahun untuk masuk kategori ini.

3. Trusted Business
Untuk kategori ini, syaratnya lebih tinggi. Pebisnis online perlu menyertakan sejumlah dokumen. Tediri dari dua identitas pribadi, SIUP, bukti pembayaran listrik atau air, dan pihak Multiply akan melakukan survei pada usaha yang dijalankan.

"Kategori ketiga ini lebih menyasar usaha yang berbadan hukum," jelas Daniel seusai konferensi pers di Jakarta beberapa waktu lalu.

Entrepreneurship online di Multiply yang masuk kategori ini memiliki nilai tambah. Pasalnya, Multiply akan menjamin setiap transaksi jual-beli dari toko online yang terdaftar pada setiap kategori. Faktor keamanan dan kenyamanan belanja online menjadi penting. Mekanisme kategori penjual inilah yang menjamin keamanan belanja online. Pembeli bisa mendapatkan perlindungan dari Multiply jika terjadi sesuatu hal dengan penjual atau bisnis online yang terdaftar di setiap kategori. Misalnya perlindungan pada pengiriman barang, atau bahkan jika toko online tutup. Dengan kata lain, penjual yang tedaftar di setiap kategori, merupakan bisnis yang direkomendasi Multiply. Belanja online dengan rekomendasi tentu lebih nyaman bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com