Anji: Aku Merespon Cerpen Djenar

Kompas.com - 21/05/2011, 07:43 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mantan vokalis kelompok musik Drive, Erdian Aji (32) atau yang lebih dikenal dengan Anji "Drive", secara khusus menyiapkan musikalisasi cerpen berjudul Rama Raib karya Djenar Maesa Ayu, untuk mendukung gerakan Kliping Massal, Minggu (22/5), di Pusat Dokumentasi Sastra atau PDS HB Jassin. ”Persisnya aku merespons cerpen karya Djenar,” kata Aji, Kamis (19/5) di Jakarta.

Aji mengaku bersimpati pada gerakan #koinsastra yang digulirkan sejumlah kalangan lewat jejaring Twitter dan Facebook sejak 18 Maret 2011. ”Ini soal bagaimana kita mengekspresikan kecintaan kepada sastra dan bahasa Indonesia,” ujar Aji.

Karena ia ”cuma” menguasai musik sebagai bahasa kecintaannya, ”Maka aku wujudkan rasa cinta itu melalui musik,” kata Aji yang tak bosan menyarankan para follower-nya di Twitter untuk menjadi relawan #koinsastra.

Lelaki yang selalu mengenakan topi ini mengatakan, ia dan cerpenis Djenar Maesa Ayu akan tampil bersama untuk merespons satu cerita. ”Djenar cuma kasih kata kunci dalam cerpennya, lalu aku membuat musik dan liriknya,” katanya.

Menurut dia, segala bentuk ekspresi dan kreativitas bisa dilakukan banyak pihak untuk menyelamatkan PDS HB Jassin dari penutupan akibat kekurangan dana. Pertengahan April lalu berlangsung sebuah konser di halaman Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta, untuk menyelamatkan PDS HB Jassin itu. (CAN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.