Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Tree of Life" Berjaya di Cannes 2011

Kompas.com - 23/05/2011, 13:01 WIB

CANNES, KOMPAS.com -- The Tree of Life, film garapan sutradara  Amerika Terrence Malick, akhirnya dinobatkan sebagai peraih Golden Palm (Palme d`Or) 2011, hadiah yang paling bergengsi di ajang Cannes International Film Festival ke-64, yang berakhir Minggu malam (22/5/2011) atau Senin (23/5/2011).

Film klasik yang dibintangi Brad Pitt, Sean Penn dan Jessica Chastain, berkisah tentang putra tertua satu keluarga Midwestern tahun 1950-an untuk menemukan arti kehidupan dan hubungan dengan Tuhan, mulai dari masa kecilnya hingga ia menjadi seorang dewasa yang mengalami kekecewaan.

Sutradara Terrence Malick mengatakan ia berusaha memahami naskah tersebut selama 30 tahun sebelum mewujudkannya menjadi film yang mencerminkan kehidupan dengan durasi 2 jam, 18 menit. Namun, produser film itu, Bill Pohlad, bukan mengajak sutradara tersebut tapi tim produksi untuk menerima Golden Palm di panggung.

"Malam ini, aku harus menempati posisi seorang raksasa. Terrence Malick sangat pemalu dan berhati-hati ... The Tree of Life adalah perjalanan panjang, tapi itu sangat berarti. Aku ingin mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Festival de Cannes," kata Bill Pohlad setelah menerima hadiah dari aktris Jane Fonda.

Hadiah buat kategori Sutradara Terbaik diberikan kepada sutradara Denmark Nicholas Winding Refn untuk film Drive. Itu adalah film yang bercerita tentang bagaimana seorang pengemudi adegan berbahaya berusaha menghindari pekerjaan berbahaya setelah berjanji akan menolong tetangganya.

Setelah menerima hadiah, Nicholas mengatakan, "Sungguh suatu kehormatan luar biasa untuk menerima hadiah ini sebab film adalah cara sutradara mengekspresikan diri." Ia kemudian menyampaikan terima kasih pertamanya kepada ibunya, lalu untuk Ryan Gosling, aktor utama film tersebut, dan istrinya.

Aktris kawakan AS Kirsten Dunst membawa pulang piala Aktris Terbaik buat film Melancholia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com