Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet "Baby Food" Tingkatkan Penjualannya

Kompas.com - 28/05/2011, 13:43 WIB

KOMPAS.com — Jennifer Aniston pernah dikabarkan menerapkan diet makanan bayi untuk mengurangi bobot tubuhnya demi peran di film Just Go with It. Pola diet ini diatur oleh pelatih pribadinya, Tracy Anderson. Dalam sehari, Jen harus mengonsumsi 14 porsi puree (bubur buah-buahan). Jen juga harus mengonsumsi makanan ringan yang terdiri atas smoothie buah, oatmeal, sup, dan buah pir. Hanya pada malam hari ia boleh makan dalam porsi normal, dengan menu daging tanpa lemak dan sayuran. Dengan diet detoks itu, kabarnya ia bisa menurunkan bobotnya hingga 3 kilogram seminggu.

Jennifer bukan satu-satunya selebriti yang dilaporkan mengonsumsi makanan bayi ini. Lady Gaga, Reese Witherspoon, dan Cheryl Cole, katanya, juga menggunakan produk makanan bayi untuk menurunkan berat badan mereka. Dan, meskipun saat itu Jennifer menyangkal pemberitaan mengenai baby food tersebut, penjualan produk ini meningkat di Inggris.

Menurut webgrocer Ocado, penjualan makanan bayi mereka meningkat 20 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara produk makanan kering untuk bayi melonjak 59 persen. Pemesanan untuk produk Heinz Mum’s Own Creamed Porridge menanjak 100 persen, sementara puree pasta dan spageti bolognese naik 87 persen. Penjualan Plum Baby 7+ Months Bean & Beef Cassoulet with Tomato meningkat 32 persen, sedangkan Ella’s Kitchen Organic Chicken & Sweetcorn Mash naik 15 persen. Adapun  penjualan ikan meningkat 23 persen dan sayuran 13 persen dalam dua minggu terakhir.

Paket makanan bayi ini hanya mengandung 100-150 kalori, dengan kontrol nutrisi yang ketat, dan membatasi garam, gula, serta bahan tambahan lain. Penganut diet makanan bayi ini yakin bahwa mereka bisa menurunkan 9 kilogram dalam enam minggu jika diiringi dengan olahraga teratur.

"Saya ingin menu yang bisa membuat Anda membuang racun, mengubah kebiasaan buruk, tetapi masih bisa membuat sistem pencernaan Anda bekerja. Dari situlah detoks makanan bayi datang," ujar Tracy Anderson, yang punya banyak klien, seperti Madonna dan Gwyneth Paltrow.

Kebanyakan makanan bayi sangat lunak dan beberapa dari mereka yang telah mencobanya mengeluhkan sembelit. Para pakar nutrisi sih bilang bahwa diet ini tidak akan merugikan. Tetapi, Anda tetap disarankan untuk makan dengan sehat dan mengimbangi dengan latihan teratur.

"Diet ini mengatur porsi makan dan membatasi kalori karena setoples makanan bayi itu kalorinya sangat sedikit. Meskipun mengandung buah dan sayuran, bahan ini dibuat bubur (puree) sehingga kehilangan banyak tekstur dan seratnya. Mengunyah makanan itu menimbulkan perasaan kenyang, jadi sebaiknya Anda makan apel atau wortel daripada setoples makanan bayi," demikian menurut juru bicara The British Dietetic Association.

Naiknya popularitas diet makanan bayi dipicu oleh musim liburan yang akan segera tiba. Kaum perempuan berlomba menerapkan diet ini agar siap memakai bikini saat liburan nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com