God Bless Tunggu Kabar Miles dan Riri Riza

Kompas.com - 08/06/2011, 14:32 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup rock God Bless adalah legenda. Pengakuan itu tak bisa dipungkiri. Grup yang lahir di era awal 70-an dan kini diawaki Achmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fatah Gagola (bas), Abadi Soesman (keyboard) dan Yaya Muktio (drum) masih tetap eksis di tengah hadirnya band-band muda di  panggung industri musik Tanah Air.

Rentang waktu yang panjang itulah, God Bless telah mencatat banyak peristiwa.  Sebagai sebuah band legendaris, rasanya pantas bila duo sineas kawakan Mira Lesmana (Miles) dan Riri Riza pun tertarik untuk melayarlebarkan rekam jejak perjalanan mereka di industri musik Indonesia selama empat dekade ke dalam film dokumenter.

"Memang ada rencana seperti itu dari Miles dan Riri. Kami menunggu kabar selanjutnya, karena dua tahun ini mereka sudah mulai mengerjakan dokumenternya," kata Donny saat berbincang dengan Kompas.com di Hard Rock Cafe Jakarta, Rabu (8/6/2011).

Sejauh ini, terang Donny, selama proses pengumpulan data untuk kepentingan pembuatan film dokumenter yang rencananya berjudul Rockumentary tersebut, personel God Bless belum terlibat terlalu jauh dalam penggarapannya. "Kami sebenarnya tinggal bercerita bagaimana perjalanan kami dari tahun 1971 itu, nanti tugasnya Miles sama Riri yang menyusun ceritanya," jelas Donny.

Diakui Donny, lemahnya pendokumentasian visual masih menjadi kendala besar dalam proses penggarapan film tersebut. Alhasil, Miles dan Riri harus bekerja keras untuk memperolehnya. "Itu yang membuat proses pembuatan film ini cukup lama, karena God Bless tidak punya rekaman dokumenternya. Apalagi zaman itu belum kepikiran punya kamera video rekaman seperti sekarang ini. Mungkin mereka (Miles dan Riri) mencarinya ke sponsor-sponsor yang mungkin masih menyimpan rekamannya," urai Donny.

"Ya bisa dikatakan mengais-ngais dari sana-sinilah," lanjutnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.