Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

God Bless Tunggu Kabar Miles dan Riri Riza

Kompas.com - 08/06/2011, 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup rock God Bless adalah legenda. Pengakuan itu tak bisa dipungkiri. Grup yang lahir di era awal 70-an dan kini diawaki Achmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fatah Gagola (bas), Abadi Soesman (keyboard) dan Yaya Muktio (drum) masih tetap eksis di tengah hadirnya band-band muda di  panggung industri musik Tanah Air.

Rentang waktu yang panjang itulah, God Bless telah mencatat banyak peristiwa.  Sebagai sebuah band legendaris, rasanya pantas bila duo sineas kawakan Mira Lesmana (Miles) dan Riri Riza pun tertarik untuk melayarlebarkan rekam jejak perjalanan mereka di industri musik Indonesia selama empat dekade ke dalam film dokumenter.

"Memang ada rencana seperti itu dari Miles dan Riri. Kami menunggu kabar selanjutnya, karena dua tahun ini mereka sudah mulai mengerjakan dokumenternya," kata Donny saat berbincang dengan Kompas.com di Hard Rock Cafe Jakarta, Rabu (8/6/2011).

Sejauh ini, terang Donny, selama proses pengumpulan data untuk kepentingan pembuatan film dokumenter yang rencananya berjudul Rockumentary tersebut, personel God Bless belum terlibat terlalu jauh dalam penggarapannya. "Kami sebenarnya tinggal bercerita bagaimana perjalanan kami dari tahun 1971 itu, nanti tugasnya Miles sama Riri yang menyusun ceritanya," jelas Donny.

Diakui Donny, lemahnya pendokumentasian visual masih menjadi kendala besar dalam proses penggarapan film tersebut. Alhasil, Miles dan Riri harus bekerja keras untuk memperolehnya. "Itu yang membuat proses pembuatan film ini cukup lama, karena God Bless tidak punya rekaman dokumenternya. Apalagi zaman itu belum kepikiran punya kamera video rekaman seperti sekarang ini. Mungkin mereka (Miles dan Riri) mencarinya ke sponsor-sponsor yang mungkin masih menyimpan rekamannya," urai Donny.

"Ya bisa dikatakan mengais-ngais dari sana-sinilah," lanjutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com