Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukman Sardi Sulit Taklukan Karakter Guru Galak

Kompas.com - 10/06/2011, 16:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Berbagai karakter peran sudah pernah dijajal bintang film Lukman Sardi. Mulai dari karakter Kyai Ahmad Dahlan, pejuang kemerdekaan hingga supir bajaj pun mulus dimainkannya.

Di film Serdadu Kumbang, karakter Pak Alim justru menjadi tantangan yang harus ditaklukkan Lukman. Pasalnya, Lukman dituntut menjadi guru tergalak di SD-SMP 08 yang disegani murid-muridnya.

Kesulitan itu datang dari kepribadian Lukman yang bertentangan dengan karakter Pak Alim. "Agak sulit, karena keseharian saya enggak kayak gitu," kata Lukman usai launching film Serdadu Kumbang, di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/6/2011).

Dikisahkan dalam Serdadu Kumbang, murid-murid di hampir seluruh pelosok Indonesia banyak yang tak lulus ujian nasional. Karena itulah para guru SD-SMP 08 semakin memperketat sistem belajar mengajar. Pak Alim akhirnya berubah menjadi guru galak yang menerapkan disiplin tinggi dengan motto 'siapa salah wajib dihukum'.

Tantangan tersebut dianggap serius oleh Lukman. Sebelum proses shooting berlangsung, Lukman sudah membiasakan diri untuk bersikap keras kepada Yudi Miftahudin, yang berperan sebagai Amek dalam film yang digarap pasangan suami istri artis Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen itu.

"Pada hari pertama reading saya ketemu anak-anak, di situ saya sudah biasakan jadi guru galak. Jadi anak-anak melihat saya sebagai Pak Alim. Dari proses itu istilahnya 'ya sudah mulai sekarang gue jadi guru lo'," cerita Lukman.

Meski terkesan galak, Lukman menjamin karakter Pak Alim yang dilakoninya tidak akan terbawa ke dunia nyata. "Tapi ini menjadi pengalaman yang menarik," ujar Lukman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com