Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Roma, Gaga Dukung Kaum Gay

Kompas.com - 13/06/2011, 11:30 WIB

ROMA, KOMPAS.com -- Vokalis, pencipta lagu, dan pemain musik Lady Gaga, yang lahir di New York City dan berdarah Italia, tampil dalam Europride 2011, yang digelar di Circus Maximus, Roma (Italia), pada 11 Juni 2011. Di pentas festival tahunan kaum LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) itu, Gaga lebih banyak menyerukan sikapnya mendukung keberadaan mereka ketimbang menyanyi dan bermain piano.  

Penyelenggara Europride 2011 menghadirkan Gaga agar sang idola dengan banyak penggemar tersebut bisa mengajak lebih banyak lagi orang di mana-mana untuk mendukung keberadaan kaum LGBT. Di panggung festival itu, Gaga menyebut bahwa kaum gay merupakan, "Kaum revolusioner cinta" dan menghendaki, "Kesetaraan sepenuhnya sekarang," untuk para pasangan satu jenis kelamin. "Kita semua berasal dari DNA yang sama. Kita dilahirkan seperti ini. . .  Saya berdiri di sini sebagai seorang perempuan dunia dan saya meminta kepada pemerintah, dengan anda, agar seluruh dunia memfasilitasi mimpi kita tentang kesetaraan," ujarnya kepada para penonton.

Secara khusus Gaga mengkritik pemerintah Lithuania, Rusia, Polandia, Hongaria, dan sejumlah negara lain yang gagal menjamin adanya hak asasi manusia yang pokok bagi kaum gay.

Di lain pihak, para penggemar Gaga yang mengharapkan pertunjukan panjang sang idola tentu kecewa. Betapa tidak? Gaga menyajikan sedikit lagu dengan iringan permainan pianonya--lagu barunya, "Born This Way", dan beberapa lagu lamanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com