Glenn Fredly Memuja Alam

Kompas.com - 14/06/2011, 09:34 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Glenn Fredly (35) belum pernah ke Gunung Bromo di Jawa Timur. Namun, dia sangat antusias untuk tampil dalam hajatan Jazz Gunung yang akan digelar pada 9 Juli 2011.

Jazz bukan milik kaum urban saja. Penyanyi yang mengawali kariernya dengan menjadi vokalis Funk Section itu pertama kali tampil dalam jazz kampung saat mengisi Ngayogjazz bersama Djaduk Ferianto.

Bagaimanapun, pergelaran jazz di gunung menunjukkan sebuah kolaborasi tanpa batas. Glenn langsung membayangkan nuansa kontemplasi dan pemujaan terhadap alam.

”Ini bukan sekadar pertunjukan, tetapi juga proses spiritual. Pertunjukan ini seperti ritual lama dengan menggunakan konsep kekinian,” katanya.

Spirit bermusik Glenn tertantang. Terlebih sebagai orang yang terbiasa hidup di kota besar, dirinya seperti diajak untuk menelaah perjalanannya sebagai manusia.

”Saya ini manusia urban,” ujar pelantun lagu ”Januari” tersebut.

Karena itu, dia meyakini akan terdapat persilangan budaya. Glenn, yang lebih akrab dengan pantai ketimbang gunung dan dibesarkan di kota besar itu, akan tampil di gunung dengan suasana yang jauh berbeda dari kota besar.

”Satu yang pasti, inilah era peradaban, dan kita akan kembali ke akar budaya,” ungkap Glenn, yang merencanakan repertoar berupa ungkapan syukur untuk penampilannya dalam Jazz Gunung itu. (BEE)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.