Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artika Sari Dewi Melawan Serbuan Produk China

Kompas.com - 18/06/2011, 08:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sudah bukan rahasia, bangsa Indonesia mengalami ketergantungan terhadap produk-produk buatan China. Kondisi itu juga berlaku untuk fashion segala usia karena produk China sangat bersaing dari segi harga.

Artika Sari Devi (31) yang sedang merintis usaha fashion untuk anak-anak berusia 2-8 tahun enggan untuk tinggal diam. Dia menyadari bahwa serbuan produk China luar biasa. ”Tetapi, bukan berarti kita diam saja. Kita pelan-pelan berusaha melepaskan ketergantungan pada produk China,” katanya.

Misalnya saja untuk usaha yang dia rintis, istri penyanyi Ibrahim Imran alias Baim itu mengaku dalam memproduksi pakaian sebisa mungkin memakai bahan baku dari Indonesia. Demikian juga untuk tenaga kerja, dia menggunakan tenaga kerja Indonesia.

”Kita kerap tidak kompetitif karena menggunakan bahan baku impor sehingga nilai produksi otomatis menjadi lebih mahal,” papar Puteri Indonesia 2004 tersebut.

Artika ternyata mempunyai jurus lain untuk menekan biaya operasional. Dalam memasarkan barang-barangnya, aktris terbaik dalam Festival Internasional Film Nantes melalui film Opera Jawa ini memilih menggunakan online store.

”Untuk sementara belum ada gerai, apalagi dengan online store sebenarnya bisa berjalan asalkan ditangani dengan sungguh-sungguh,” kata Artika. (BEE)
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com