Kesedihan Happy Salma

Kompas.com - 15/07/2011, 11:24 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tahukah Anda, bahwa penari wayang orang tradisional di seluruh Indonesia sekarang hanya tersisa sekitar 150 orang. Kurangnya minat dan perhatian membuat kesenian tradisional ini kian tergerus perkembangan zaman.

Kondisi ini membuat bintang film sekaligus penulis novel Happy Salma kaget dan sedih saat mendengarnya pertama kali. "Sedih ya, di Indonesia penari wayang orang tradisional tidak lebih dari 150 orang jumlahnya," tutur Happy saat dimintai tanggapannya di Jakarta, belum lama ini.

Padahal, keberadaan para penari wayang orang ini menjadi suksesi bagi kelanjutan seni budaya Indonesia yang melibatkan mereka di dalamnya. Ditengarai, berkurangnya pasar dan minat masyarakat menjadi penyebab utama. "Mungkin, karena pementasannya juga semakin jarang," tanggap perempuan film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita tersebut.

Karenanya perlu diupayakan penanganan serius agar ragam kesenian ini tidaklah punah akibat minimnya kehadiran para pelestari. Menggeliatkan dan menggemari tontonan wayang orang menjadi salah satu alternatif jawaban.

Happy sendiri kemudian merasa tergerak untuk memulai upaya serius itu dari dirinya terlebih dahulu. Sosok yang gemar menekuni seni tari semenjak kecil ini pun coba bermain dalam sebuah lakon wayang orang di pentas sinema 'Jabang Tetuko'. "Mungkin alternatif baru di mal buat anak-anak. Siapa tahu mereka tertarik pada kesenian ini ke depannya?" harapnya. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X