Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Addie MS Gaet Anak Muda lewat Twitter

Kompas.com - 17/07/2011, 11:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemimpin Twilite Orchestra, Addie MS, memanfaatkan situs jejaring sosial micro blogging Twitter, yang sedang digemari di dunia, untuk menemukan talenta belia Indonesia yang hendak direkrutnya.

"Merekrut pemain, unik sekali. Saya melakukannya lewat Twitter. Dari situ saya audisi lagi," jelas Addie, yang menggelar Konser 20 Tahun Twilite Orchestra, Cantabile 2, di Aula Simfonia, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (16/7/2011) malam.

Cara yang ditempuhnya itu, menurut Addie, memberi hasil luar biasa. "Hasilnya, luar biasa. Ada yang (berusia) belasan tahun. Kalau tidak dari Twitter, saya tidak ketemu mereka yang masih teenager," ungkapnya.

Addie kemudian menyeleksi mereka hingga tinggal lima pemain musik saja. "Karena yang kami buka audisi string, yang terdiri dari biola, cello, kontra bas, akhirnya kami mendapatkan lima musisi muda," terang Addie.

Bukan menjaring talenta belia saja yang dilakukan oleh Addie melalui Twitter. Tema  Cantabile 2 dalam Konser 20 Tahun orkestra yang dipimpinnya itu pun terpilih dalam voting melalui Twitter. "Saya banyak mendapat masukan dari Twitter, jadi saya memanfaatkan teknologi remaja zaman sekarang untuk musik klasik, supaya musik klasik kontekstual," jelas Addie. "Terus terang, saya kurang mengerti mengenai Nodame Cantabile, cerita yang ditulis Tomoko Ninomiya. Untuk mementaskannya ke musik simfoni akhirnya dapat masukan untuk memainkan karya-karya klasikal komponis ternama seperti Glinka, Tchaikovsky, Beethoven, Ravel, sampai Dvorak," sambung Addie. "Terus terang saja, dari Twilite Orchestra berdiri 20 tahun lalu, saya terus mengenalkan musik simfoni dengan berbagai cara," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com