Saya Bisa Tertawakan Politisi dan Pelaku Hukum

Kompas.com - 19/07/2011, 04:18 WIB
Editor

 Pengantar Redaksi

Glenn Fredly bukanlah penyanyi atau penghibur semata. Di antara jeda antara lagunya, di setiap pertunjukan, dia selalu menyampaikan narasi mengenai berbagai hal yang sedang menghangat di masyarakat.

Sindiran, kritik, atau potret terhadap kondisi sosial politik, perilaku elite politik, atau pemerintah sering meluncur dari pernyataannya. Begitu pula celotehnya di media sosial Twitter.

Glenn memang bukan melulu dikenal sebagai penyanyi solo yang sudah mendapat tempat di kancah musik negeri ini. Kepeduliannya terhadap berbagai kondisi bangsa, baik sosial politik maupun lingkungan, setidaknya menyiratkan dia bukan cuma penghibur. Komunitas Rumah Beta yang dibentuknya merupakan bukti lain betapa dia peduli terhadap negerinya, terutama tanah leluhurnya.

Apa tantangan terbesar selama bersolo karier? Pernahkah Glenn merasa bosan dan berniat untuk beralih profesi atau berhenti dari dunia tarik suara?

(Indriani Putri Pradani, xxx@gmail.com)

Tantangan awal terbesar adalah meyakinkan diri sendiri bahwa musik adalah pilihan hidup saya. Tetapi saya bersyukur karena sejak awal keluarga saya mendukung dunia musik sebagai masa depan. Menjadi musisi adalah anugerah buat saya. Saya terlahir untuk bernyanyi. Lewat musik saya bisa hidup dan menghidupi.

 
Bagaimana Anda bisa mempertahankan eksistensi, sementara di negara kita ada sindrom ”timbul tenggelam” penyanyi yang bersolo karier?

(Sekar Langit Pamungkas, Yogyakarta)

Tak terpikirkan cara untuk mempertahankan eksistensi karena saya sudah di track yang saya mau dan fokus menjalaninya. Bermusik buat saya bukan untuk eksistensi, tetapi saluran ekspresi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.