Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saya Bisa Tertawakan Politisi dan Pelaku Hukum

Kompas.com - 19/07/2011, 04:18 WIB

 Pengantar Redaksi

Glenn Fredly bukanlah penyanyi atau penghibur semata. Di antara jeda antara lagunya, di setiap pertunjukan, dia selalu menyampaikan narasi mengenai berbagai hal yang sedang menghangat di masyarakat.

Sindiran, kritik, atau potret terhadap kondisi sosial politik, perilaku elite politik, atau pemerintah sering meluncur dari pernyataannya. Begitu pula celotehnya di media sosial Twitter.

Glenn memang bukan melulu dikenal sebagai penyanyi solo yang sudah mendapat tempat di kancah musik negeri ini. Kepeduliannya terhadap berbagai kondisi bangsa, baik sosial politik maupun lingkungan, setidaknya menyiratkan dia bukan cuma penghibur. Komunitas Rumah Beta yang dibentuknya merupakan bukti lain betapa dia peduli terhadap negerinya, terutama tanah leluhurnya.

Apa tantangan terbesar selama bersolo karier? Pernahkah Glenn merasa bosan dan berniat untuk beralih profesi atau berhenti dari dunia tarik suara?

(Indriani Putri Pradani, xxx@gmail.com)

Tantangan awal terbesar adalah meyakinkan diri sendiri bahwa musik adalah pilihan hidup saya. Tetapi saya bersyukur karena sejak awal keluarga saya mendukung dunia musik sebagai masa depan. Menjadi musisi adalah anugerah buat saya. Saya terlahir untuk bernyanyi. Lewat musik saya bisa hidup dan menghidupi.

 
Bagaimana Anda bisa mempertahankan eksistensi, sementara di negara kita ada sindrom ”timbul tenggelam” penyanyi yang bersolo karier?

(Sekar Langit Pamungkas, Yogyakarta)

Tak terpikirkan cara untuk mempertahankan eksistensi karena saya sudah di track yang saya mau dan fokus menjalaninya. Bermusik buat saya bukan untuk eksistensi, tetapi saluran ekspresi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com