Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Negeri 5 Menara" Syuting di Sumbar

Kompas.com - 22/07/2011, 18:40 WIB

PADANG, KOMPAS.com--Setelah melakukan proses pencarian  pemain, film "Negeri 5 Menara" yang diangkat dari novel "best seller" karya A. Fuadi akan segera melaksanakan syuting dengan mengambil gambar di beberapa lokasi di Sumatera Barat.

"Dua daerah di Sumbar yang menjadi lokasi pengambilan gambar Negeri 5 Menara yaitu di Maninjau, Kabupaten Agam serta Kota Bukittinggi yang merupakan kampung halaman Alif, pemeran utama dalam film tersebut," kata asisten produser rumah produksi "Million Pictures" Widya Wardhani Ichram di Padang, Jumat.

Film "Negeri 5 Menara" merupakan adaptasi dari novel karya A. Fuadi dengan judul yang sama dan telah memenangkan berbagai penghargaan seperti Anugerah Pembaca Indonesia dan nominasi Khatulistiwa Literary Award yang disutradarai oleh Affandi Abdurrahman.

Ia mengatakan, pengambilan gambar di Sumbar akan dimulai Oktober 2011, dimana saat ini tim masih melakukan survei lokasi.

"Salah satu lokasi yang akan dipilih untuk pengambilaan gambar adalah Danau Maninjau yang terkenal dengan keindahannya serta beberapa lokasi di Kota Bukittinggi," lanjut dia.

Sebelumnya telah dilaksanakan proses pencairan enam pemain  utama yang memerankan Sahibul Menara di enam kota besar di Indonesia dan diikuti sekitar 2.000 peminat.

Enam pemain yang terpilih yaitu Gazza Zubizzaretha sebagai Alif, Ernest Samudera sebagai Said, Billy Sandi sebagai Baso, Rizki Ramdani sebagai Atang, Aris Adnanda Putra sebagai Dulmadjid dan Jiofani Lubis sebagai Raja.

"Mereka semua merupakan wajah baru yang selama ini belum pernah terlibat dalam pembuatan film, sehingga saat ini sedang dilakukan pelatihan secara intensif berupa seni peran dan lainnya," lanjut Widya.

Sementara penulis novel tersebut A. Fuadi menyambut antusias proses pembuatan film yang saat ini tengah memasuki proses kreatif serta penyelesaian skenario yang digarap Salman Aristo itu.

"Dengan difilmkannya novel ini, maka pesan yang ingin disampikan melalui karya ini yaitu ’man jadda wajada’ (siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil) akan tersebar lebih luas di masyarakat," kata Fuadi.

Ia berharap film yang akan dirilis pada awal 2012 itu bisa menularkan semangat "man jadda wajada" yang menjadi pesan utama "Negeri 5 Menara".

Ia juga mengharapkan kehadiran film itu dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat dengan membawa pesan optimistis kepada setiap penontonnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com