Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ully Sigar Rusady Berbagi Khasiat "Lidah Mertua"

Kompas.com - 23/07/2011, 07:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi, aktivis, dan tokoh lingkungan hidup Ully Sigar Rusady (59) giat mengingatkan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Banyak orang lupa bahwa bencana alam tidak semuanya di luar jangkauan manusia.

Bencana alam bukan gempa bumi, tanah longsor, atau banjir saja. Perilaku manusia turut memengaruhi lingkungan dan mengakibatkan bencana, misalnya polusi udara. ”Polusi udara ini dampaknya sangat besar untuk kesehatan kita, bahkan bisa mengakibatkan kematian,” katanya.

Melalui organisasi-organisasi yang dipimpinnya, antara lain Yayasan Garuda Nusantara, Ully tidak berhenti beraksi. ”Makanya, kami juga menggelar gerakan udara bersih atau kami sebut gradasi,” ujar pencipta lagu-lagu bertema lingkungan itu.

Melalui gerakan tersebut dia ingin menyebarluaskan manfaat tanaman sansevieria alias lidah mertua. Tanaman antipolutan ini, ujar Ully, sangat baik untuk mengatasi pencemaran udara yang lekat dengan keseharian kita.

Bukan saja polusi udara, sansevieria bahkan tergolong tanaman antiradiasi. ”Jadi, sebenarnya kita bisa menyimpan sansevieria di dalam rumah berdekatan dengan televisi dan komputer untuk mengurangi radiasi,” tutur penyanyi bernama lengkap Rulany Indra Gartika Wirahaditenaya itu. (BEE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com