Ully Sigar Rusady Berbagi Khasiat "Lidah Mertua"

Kompas.com - 23/07/2011, 07:09 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi, aktivis, dan tokoh lingkungan hidup Ully Sigar Rusady (59) giat mengingatkan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Banyak orang lupa bahwa bencana alam tidak semuanya di luar jangkauan manusia.

Bencana alam bukan gempa bumi, tanah longsor, atau banjir saja. Perilaku manusia turut memengaruhi lingkungan dan mengakibatkan bencana, misalnya polusi udara. ”Polusi udara ini dampaknya sangat besar untuk kesehatan kita, bahkan bisa mengakibatkan kematian,” katanya.

Melalui organisasi-organisasi yang dipimpinnya, antara lain Yayasan Garuda Nusantara, Ully tidak berhenti beraksi. ”Makanya, kami juga menggelar gerakan udara bersih atau kami sebut gradasi,” ujar pencipta lagu-lagu bertema lingkungan itu.

Melalui gerakan tersebut dia ingin menyebarluaskan manfaat tanaman sansevieria alias lidah mertua. Tanaman antipolutan ini, ujar Ully, sangat baik untuk mengatasi pencemaran udara yang lekat dengan keseharian kita.

Bukan saja polusi udara, sansevieria bahkan tergolong tanaman antiradiasi. ”Jadi, sebenarnya kita bisa menyimpan sansevieria di dalam rumah berdekatan dengan televisi dan komputer untuk mengurangi radiasi,” tutur penyanyi bernama lengkap Rulany Indra Gartika Wirahaditenaya itu. (BEE)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X