Titiek Puspa: Sekolah Seni Gratis untuk Anak Jalanan

Kompas.com - 26/07/2011, 07:31 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi dan pencipta lagu Titiek Puspa (74) tengah bersuka hati. Pasalnya, cita-citanya sejak puluhan tahun lalu mulai mewujud. Ia ingin punya sekolah seni untuk anak-anak berbakat yang tak mampu.

Dengan bantuan berbagai pihak, Sekolah Seni Budaya Titiek Puspa terwujud di areal The Radiant Center of Music, Film and Performing Arts di kawasan Rempoa, Tangerang Selatan.

”Saya mau mendatangi ahli-ahli seni budaya Indonesia untuk mengajari anak jalanan, anak keluarga tak mampu, anak yatim piatu yang punya potensi seni,” katanya pada peresmian sekolah gratis itu, Minggu (24/7/2011).

Nenek dari 15 cucu ini mengakui, meski pendidikannya ”S-3” alias ”sampun sepuh sanget” (sudah tua sekali), dia punya impian tinggi. Dari sekolah seni budaya ini, Titiek berharap akan terwujud Museum Musik Indonesia.

”Titiek Puspa ini (dulu) miskin. Bapaknya mantri kesehatan yang kerja tanpa pamrih. Ibu saya jualan nasi untuk menghidupi anaknya yang banyak. Sekarang saya juga ’jualan nasi’ lewat Katering Puspa, he-he-he,” katanya.

Dia bercerita, temannya, pasangan Taufik dan Nani Taufik, akan membuat film Musik untuk Cinta. Keuntungan film itu akan digunakan untuk biaya operasional sekolah.

”Ini film musik dan cinta, bukan soal berantem, tetapi budi pekerti. Dulu kita punya pelajaran budi pekerti, sekarang hilang, jangan anak-anak dikasih pelajaran merampok,” katanya berseloroh. (CP)

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.