Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titiek Puspa: Sekolah Seni Gratis untuk Anak Jalanan

Kompas.com - 26/07/2011, 07:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi dan pencipta lagu Titiek Puspa (74) tengah bersuka hati. Pasalnya, cita-citanya sejak puluhan tahun lalu mulai mewujud. Ia ingin punya sekolah seni untuk anak-anak berbakat yang tak mampu.

Dengan bantuan berbagai pihak, Sekolah Seni Budaya Titiek Puspa terwujud di areal The Radiant Center of Music, Film and Performing Arts di kawasan Rempoa, Tangerang Selatan.

”Saya mau mendatangi ahli-ahli seni budaya Indonesia untuk mengajari anak jalanan, anak keluarga tak mampu, anak yatim piatu yang punya potensi seni,” katanya pada peresmian sekolah gratis itu, Minggu (24/7/2011).

Nenek dari 15 cucu ini mengakui, meski pendidikannya ”S-3” alias ”sampun sepuh sanget” (sudah tua sekali), dia punya impian tinggi. Dari sekolah seni budaya ini, Titiek berharap akan terwujud Museum Musik Indonesia.

”Titiek Puspa ini (dulu) miskin. Bapaknya mantri kesehatan yang kerja tanpa pamrih. Ibu saya jualan nasi untuk menghidupi anaknya yang banyak. Sekarang saya juga ’jualan nasi’ lewat Katering Puspa, he-he-he,” katanya.

Dia bercerita, temannya, pasangan Taufik dan Nani Taufik, akan membuat film Musik untuk Cinta. Keuntungan film itu akan digunakan untuk biaya operasional sekolah.

”Ini film musik dan cinta, bukan soal berantem, tetapi budi pekerti. Dulu kita punya pelajaran budi pekerti, sekarang hilang, jangan anak-anak dikasih pelajaran merampok,” katanya berseloroh. (CP)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com