Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Buka Pasar Ramadhan

Kompas.com - 01/08/2011, 22:57 WIB

PALU, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/8/2011) membuka Pasar Ramadhan 2011 di sebelah utara Kantor Wali Kota Palu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palu, Vera Mastura, mengatakan pihaknya menyediakan 204 kios atau lapak yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Sebelumnya, banyak pihak yang mengajukan diri untuk bisa berjualan di Pasar Ramadhan yang akan buka selama satu bulan penuh.

Sebenarnya, panitia hanya menyediakan 200 tempat berukuran 2x1 meter, namun untuk mengakomodasi warga akhirnya diberi kesempatan hingga 204 tempat.

Lapangan yang dijadikan lahan Pasar Ramadhan itu diperkirakan cukup untuk 200 lapak. Setiap penjual di Pasar Ramadhan dibebani uang sewa sebesar Rp 150 ribu.

Penjual adalah kaum wanita yang sebagian besar warga sekitar Kantor Wali Kota Palu. Vera mengatakan, uang yang didapatkan dari sewa tempat di Pasar Ramadhan akan diberikan kepada petugas kebersihan dan pertamanan, pemulung, orang lanjut usia yang tergolong miskin, serta anak berkebutuhan khusus.

Anak berkebutuhan khusus yang akan mendapatkan bantuan adalah anak tuna rungu di "Pelangi Kasih" milik Yayasan Muhammadiyah Kota Palu.

Sementara itu tujuan diselenggarakannya Pasar Ramadhan, katanya, selain untuk membantu perekonomian masyarakat terutama kaum wanita, juga untuk memberikan kemudahan warga lainnya untuk mendapatkan menu berbuka puasa.

Pasar Ramadhan akan dibuka selama satu bulan penuh, dan bisa dikunjungi sejak pukul 15.00 WITA hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Pasar Ramadhan merupakan ajang tahunan, dan Pemerintah Kota Palu berupaya menjaga tradisi ini untuk memberdayakan masyarakat penjual yang sebagian besar kaum perempuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com