Demi Sepatu, Ussy ke Pejagalan Hewan

Kompas.com - 14/08/2011, 12:59 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Belum genap sebulan penyanyi Ussy Sulistiawaty menggeluti bisnis sepatu berhak tinggi (high heel shoes) yang dirintisnya bersama artis peran Andhika Pratama, sang kekasih. Demi menjaga kualitas sepatu itu, Ussy ikut mencari kulit yang bagus di pejagalan kambing dan sapi.

Ussy mengungkapkan, ia dan Andhika baru memulai usaha sepatu itu awal Ramadhan ini. Bisnis tersebut akan diluncurkan oleh mereka Oktober 2011.

Diceritakan oleh Ussy, bisnis sepatu itu dijalaninya berangkat dari keluhannya tak bisa mengenakan sepatu berhak tinggi. "Ke mana-mana pasti pakai sepatu teplek (flat shoes), karena, kalau enggak, kaki saya bisa sakit atau pegal," tuturnya.

Dari keluhannya itu, Ussy akhirnya mendesain khusus sepatu berhak tinggi. "Akhirnya, aku cari tukang yang bisa gambar sepatu, karena aku cuma bisa mendeskripsikan, tapi enggak bisa menggambar. Setelah jadi, sepatunya kok enak ya. Ya sudah, aku langsung pesan yang (berhak) 17 cm dan depannya lima cm," tuturnya lagi.

Tak disangka, sepatu rancangannya justru disukai banyak orang. "Pas aku pakai, orang bilang, 'Beli di mana?' Akhirnya, aku pesanin buat teman-teman," kisahnya.

Dari situ Ussy mengendus peluang untuk menjalani usaha sepatu rancangannya. "Tukang yang ngerjainnya itu dari kenalan temanku. Dia aku ajak kerja sama. Akhirnya, bikin PT Azzharah Megah Pratama. Butiknya ada di Ahmad Dahlan (KH Ahmad Dahlan, Jakarta)," terangnya.

Hasilnya, kata janda beranak satu ini, sepatu rancangannya laku 400 pasang dalam waktu tiga minggu.

Dalam berbisnis sepatu, aku Ussy, ia  terjun langsung untuk mengontrol kualitas produk. "Nyemplung benar, sampai ke tukang kulit, ke pejagalan sapi dan kambing. Aku sampai digigitin nyamuk tuh di situ. Soalnya, bahannya kalau ambil di Pulo Gadung (Jakarta) bisa murah, tapi hasilnya jelek. Makanya, kisaran harga (sepasang sepatu) kalau bukan kulit asli paling mahal Rp 800 ribu, kalau kulit asli Rp 1,5 juta," paparnya.

Ussy tak menampik bahwa usahanya itu  merupakan salah satu upaya ia dan Andhika mengumpulkan uang untuk pernikahan mereka pada 2012. "Alhamdulillah, binis ini jadi usaha buat ke arah situ," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.