Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritme Pembebasan untuk Papua

Kompas.com - 17/08/2011, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Papua yooo.. Tanah Perjanjian Papua yoo adalah Tanah Perdamaian Papua yoo... wooo Saudara sehati, saudara sejiwa, waktunya bersinar.

Refren reggae "Tanah Perjanjian" mengalun santai. Lirik-liriknya berupa ajakan untuk bangkit. Suara Glenn Fredly bersahutan dengan penyanyi sekaligus duta reggae Indonesia Ras Muhammad.

Lagu yang dirilis bertepatan dengan HUT ke-66 RI tersebut didedikasikan bagi rakyat Papua dan bisa diunduh gratis di http://www.rollingstone.co.id/indexdownload. Pernyataan, seruan, dan ajakan untuk mencapai perdamaian di Papua, tempat seharusnya Pancasila tertanam.

"Kami ngobrol-ngobrol dan mempertanyakan masa depan Papua. Ada gap antara Papua dengan wilayah-wilayah lain yang sudah merdeka," papar Glenn.

Banyak persoalan mendera di sana. Meski memiliki kekayaan alam luar biasa, rakyat di Tanah papua belum bisa disebut sejahtera. Karena kesamaan pandangan dan visi, keduanya bersepakat mengeluarkan lagu "Tanah Perjanjian". "Kami menyanyikan dengan gaya reggae karena reggae merupakan musik perjuangan dengan ritme pembebasan," ungkapnya.

Dia bersama Ras ingin mengingatkan jangan menganggap seolah-olah tidak ada persoalan di Papua, semua telah teratasi. Bila berbicara keadilan sosial, maka seharusnya juga berlaku untuk Papua. Persatuan harus diwujudkan tanpa kekerasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com