Ritme Pembebasan untuk Papua

Kompas.com - 17/08/2011, 14:01 WIB
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Papua yooo.. Tanah Perjanjian Papua yoo adalah Tanah Perdamaian Papua yoo... wooo Saudara sehati, saudara sejiwa, waktunya bersinar.

Refren reggae "Tanah Perjanjian" mengalun santai. Lirik-liriknya berupa ajakan untuk bangkit. Suara Glenn Fredly bersahutan dengan penyanyi sekaligus duta reggae Indonesia Ras Muhammad.

Lagu yang dirilis bertepatan dengan HUT ke-66 RI tersebut didedikasikan bagi rakyat Papua dan bisa diunduh gratis di http://www.rollingstone.co.id/indexdownload. Pernyataan, seruan, dan ajakan untuk mencapai perdamaian di Papua, tempat seharusnya Pancasila tertanam.

"Kami ngobrol-ngobrol dan mempertanyakan masa depan Papua. Ada gap antara Papua dengan wilayah-wilayah lain yang sudah merdeka," papar Glenn.

Banyak persoalan mendera di sana. Meski memiliki kekayaan alam luar biasa, rakyat di Tanah papua belum bisa disebut sejahtera. Karena kesamaan pandangan dan visi, keduanya bersepakat mengeluarkan lagu "Tanah Perjanjian". "Kami menyanyikan dengan gaya reggae karena reggae merupakan musik perjuangan dengan ritme pembebasan," ungkapnya.

Dia bersama Ras ingin mengingatkan jangan menganggap seolah-olah tidak ada persoalan di Papua, semua telah teratasi. Bila berbicara keadilan sosial, maka seharusnya juga berlaku untuk Papua. Persatuan harus diwujudkan tanpa kekerasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.