Lagu untuk Papua

Kompas.com - 18/08/2011, 02:39 WIB
Editor

Di tengah perayaan ke-66 kemerdekaan Indonesia, Glenn Fredly (35) khawatir dengan kondisi negara, termasuk masa depan Papua. Alamnya begitu kaya sehingga seharusnya mampu membuat rakyat sejahtera. Sayang, sampai kini penduduk Papua belum menikmatinya.

Banyak persoalan membelit sehingga hak untuk hidup sejahtera seolah terampas. Apalagi masih saja ada konflik antarkelompok di Papua, sampai persoalan referendum.

Glenn dan Ras Muhammad melihat rakyat Papua seharusnya bisa menikmati tanah itu. ”Jadi, kami membikin lagu berjudul ’Tanah Perjanjian’ dan mendedikasikannya untuk Papua,” kata Glenn.

Lagu bergaya rap dan reggae tersebut bisa diunduh secara gratis di http://www.rollingstone.co.id/indexdownload. Lewat lagu reggae tentang Papua itulah keduanya menyampaikan pesan perdamaian.

Glenn mengatakan, sebenarnya ada suara pembebasan bagi Papua. Alasannya, jika mau membangun, masa depan Indonesia ada di wilayah timur. ”Demikian juga kalau mau memulai keadilan sosial, bisa dari Papua,” ujarnya.

Akan tetapi, berbagai kejadian di Papua malah tertutup dengan pemberitaan peristiwa lain, terutama politik dan korupsi. Seolah-olah semua persoalan di Papua sudah teratasi.

”Kalau Ras menanggapinya dengan satir, saya sendiri ingin mengingatkan bahwa perang dan senjata bukan solusi,” kata pendiri Rumah Beta, tempat berkesenian di Desa Amahusu, Ambon, Maluku, tersebut menambahkan. (BEE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.