Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miss Universe, Lebih dari Sekadar Cantik

Kompas.com - 13/09/2011, 18:13 WIB

KOMPAS.com - Kecantikan fisik dan kepribadian Miss Universe 2011, Leila Lopes (25) membuktikan ajang pemilihan ini bukan sekadar memilih perempuan cantik dari luar. Miss Universe harus mampu menginspirasi perempuan muda, menjadi sosok yang layak dibanggakan. Bukan hanya dibanggakan negara asalnya, namun juga menjadi panutan dunia.

Miss Universe 2011 asal Angola, Leila Lopes, menunjukkan kharismanya. Dalam sesi wawancara di babak lima besar, Lopes mengutarakan pendapatnya, sekaligus kebanggaan menjadi dirinya sendiri.

Cantik alami
Lahir dengan nama lengkap Leila Luliana da Costa Vieira Lopes, perempuan yang lahir di Benguela, Angola, 26 Februari 1986 ini mensyukuri kecantikan alami yang dimilikinya, dan tak ingin mengubah apa pun yang dianugerahkan kepadanya.

Meski diburu waktu saat memberikan jawaban atas pertanyaan juri di babak lima besar, Leila Lopes dengan lugas menyatakan, "Saya melihat diri saya sebagai perempuan yang diberkati dengan inner beauty. Saya juga dibesarkan dengan prinsip hidup yang hebat dari keluarga saya. Dan yang terpenting adalah sikap saling menghargai satu sama lain," tutur Lopes pada malam grand final Miss Universe 2011, di Sao Paulo, Brasil, 12 September 2011, Senin malam waktu setempat, atau Selasa (13/9/2011) pagi waktu Indonesia.

Dengan senyum menawan yang diakui Lopes sebagai senjatanya memenangkan kompetisi, mahasiswi manajemen bisnis di Inggris ini mempertahankan kecantikan alami. Menjawab pertanyaan mengenai rahasia cantiknya, Lopes mengaku tak pernah sekali pun menjalani operasi plastik. Resep cantiknya lahir dari kebiasaan baik seperti cukup tidur, minum banyak air, dan menggunakan tabir surya kapan saja dan di mana saja.

Pribadi yang matang
Mengikuti pemilihan bergengsi dengan total 89 kontestan dari berbagai negara, bukan pekerjaan mudah. Hanya perempuan cantik dengan pribadi matang yang bisa melewati berbagai tahapan kompetisi ini. Perempuan bukan sekadar dinilai dari kecantikan wajah dan kemolekan tubuhnya. Kepribadian yang matang juga penting dan patut menjadi perhatian utama.

Ketika Miss Colombia, Catalina Robayo, terlihat tak memakai pakaian dalamnya, saat menghadiri acara resmi pada masa karantina, perempuan ini mendapat teguran dari penyelenggara.

Yayasan Miss Universe pun dibuat malu dengan insiden ini. Bahkan Colombia telah berbicara dengannya, dan meminta agar Catalina mengenakan pakaian dalam karena apa yang dilakukannya sangat tidak pantas. Masyarakat pun marah dengan kejadian tersebut; lantaran ada foto-foto dan penampilan di media dimana dia benar-benar memperlihatkan selangkangannya.

Etiket, kepribadian, wawasan, juga menjadi pertimbangan juri dalam memilih sosok bergelar Miss Universe. Leila Lopes dinilai memenuhi semua syarat ini dan layak mendapatkan gelar Miss Universe 2011, menggantikan Ximena Navarrete, Miss Universe 2010 asal Meksiko.

Membanggakan negara asal
Miss Universe 2011, Leila Lopes berharap, kemenangannya mampu mengangkat negaranya dari sejarah kelam sebagai salah satu negara dengan perang berkepanjangan dan kemiskinan. Perang di Angola pecah pada tahun 1960-an, diikuti perang saudara setelah memperoleh kemerdekaan dari Portugal pada tahun 1975. Perang berakhir pada 2002.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com