Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Perang Lebanon Menang di Toronto

Kompas.com - 20/09/2011, 13:57 WIB

TORONTO, KOMPAS.com -- Sebuah film mengenai perjuangan sebuah desa di Lebanon yang dicabik perang menerima penghargaan People’s Choice di Festival Film Internasional Toronto, Ahad, tropi audience yang telah sering menjadi pertanda perolehan (penghargaan) Oscar.

"Where Do We Go Now", oleh Nadine Labaki yang kelahiran Lebanon, menceritakan kisah tentang sebuah desa yang didiami oleh masyarakat Islam dan Kristen. Ketika konflik antar-agama yang meluas mengancam untuk merembes ke desa itu, para wanitanya mengusahakan akhir yang berdayacipta dan kadang-kadang ekstrim guna mencegah kekerasan.

Film itu, yang pertama diputar di Cannes awal tahun ini, telah menjadi jalan masuk resmi Lebanon ke kategori Film Berbahasa Asing pada Academy Award (penghargaan Oscar) tahun depan.

Seorang pejabat festival mengatakan Labaki menulis film itu di Beirut pada 2007 ketika bentrokan bersenjata meletus. Ia, pada waktu itu sedang hamil, mulai memikirkan mengenai apa yang ia dapat lakukan untuk mengubah dunia sebagai seorang pembuat film.

"Saya lari melompat-lompat di bandara Frankfurt," kata Labaki dalam sebuah pesan yang dibacakan pada audience upacara penghagaan itu.

Pemenang tahun lalu penghargaan People’s Choice adalah "The King’s Speech", yang terus mendapat Oscar untuk film terbaik. "American Beauty", "Crash", dan "Slumdog Millionaire" juga mendapatkan penghargaan di Toronto sebelum terus ke semarak Oscar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com