Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heru "Shaggydog" Bersitegang dengan Pramugari

Kompas.com - 21/09/2011, 23:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis grup band indie asal Jogjakarta Shaggydog yang  juga duo electronic Dubyouth, Heru Wahyono, baru saja merampungkan perjalanan tur di sejumlah kota di Perancis dan Belgia dari tanggal 21 Juli hingga 13 Agustus lalu. Bersama Yowie (trombone), Heru diajak tur oleh Chinese Man, kolektif DJ asal Perancis,  untuk tampil bersama.

Sebuah perjalanan yang tak mungkin dilupakan olehnya. Beragam kisah telah dilewati dari mulai bersitegang dengan pramugari gara-gara trombone hingga pengalaman manggung di samping kuburan.  

Berawal dari daerah Sayidan, Jogjakarta, Heru menjajal Antic Theathre, salah satu teater antik terbesar yang dimiliki Perancis. 

Seperti apa kisahnya, Heru mengisahkan perjalanannya lewat catatan yang ditulisnya untuk berbagi dengan pembaca Kompas.com.  Berikut catatan perjalanan Heru "Shaggydog" kami sajikan secara bersambung.

France – Belgium ‘Racing with the Sun’ Tour Diary, Part.1   Setelah sempat bersitegang dengan pramugari soal trombone karena bentuknya yang tak lazim dan 18 jam lamanya berada di udara… Melewati turbulensi yang cukup hebat... Akhirnya saya dan Yowie (trombone) sampai juga di bandara, Marseille (baca: Marsei). Ternyata John dan beberapa teman-teman Chinese Man sudah menunggu, untuk menjemput kami. Ya, untuk mengawali perjalanan tur yang penuh cerita nanti…

Sepanjang perjalanan menuju flat John, kami bercerita ngalor-ngidul, berdiskusi tentang kegiatan-kegiatan yang akan kami hadapi dan tentu sekedar bernostalgia tentang beberapa pertemuan kami di tahun 2009 dan 2010 yang diselingi canda tawa.

Di suatu tempat di sudut jalan, John menerangkan sebuah poster yang kami jumpai, berisi pengumuman show Chinese Man dan Q-Tip (A Tribe Called Quest) yang akan datang, wah sayang, tanggalnya pas kami sudah pulang.

Setelah menempuh perjalanan yang lumayan jauh, akhirnya kami tiba di flat tempat John tinggal, sambil menunggu flat kami disiapkan. Sembari menunggu, kami disuguhi kopi dan rokok khas Eropa, obrolan pun dilanjutkan. John memperdengarkan beberapa lagu dari album remix Chinese Man yang akan dirilis, melibatkan banyak raper-raper ternama seperti Chali2Na (Jurassic 5), Rollin Rockers dan lain-lain. Meskipun badan lelah tapi keinginan untuk berdiskusi tentang live show yang akan dilaksanakan esok harinya tak tertahankan, padahal tadinya mau santai.

Personel Chinese Man yang lain, Mateo dan Sly pun akhirnya datang  dan disusul salah satu kolaborator, MC Taiwan. Diskusi semakin panas, dan malah berakhir dengan latihan kecil, sekadar mencoba materi lagu yang akan dimainkan esok harinya karena memang untuk dua show pertama di Vienne dan Payzac, tidak ada waktu lagi untuk latihan. Cukup gila kalau dipikir-pikir, mengingat kapasitas dua festival tersebut cukup besar.

Di ‘sesi latihan’ dadakan tersebut, mereka hanya menjelaskan bagian saya berapa bar, masuknya kapan, dll... Belum ada penjelasan sama sekali buat Yowie, karena memang mereka belum berani untuk memainkan Yowie di dua show pertama, yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Pokoknya mereka percayakan saja sama saya, meskipun belum ada lirik! "Silakan bergaya bebas," kata mereka. Jadi untuk dua show pertama, hanya ada saya dan Mc Taiwan sebagai kolaborator.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com