Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Rahasia Awet Muda Vina Panduwinata

Kompas.com - 23/09/2011, 19:26 WIB

KOMPAS.com - Penyanyi Vina Panduwinata (52) masih terlihat awet muda dan enerjik. Vina yang mengenakan kaos merah dipandu dengan rok jins biru tertawa ceria ketika sampai di tempat latihan Pergelaran 40 Tahun Karya Cipta Guruh Soekarno Putra, di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (23/9/2011) sore.

Di pergelaran yang akan diselenggarakan 21-23 Oktober di Teater Jakarta-Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Vina akan tampil bersama dengan artis lainnya seperti Bidi Aldiano. B3, Butet Kertaredjasa, Yati Pesek, Asri Welas dan Tike Priatnakusumah.

Sebelum latihan, Vina menyempatkan diri berbincang-bincang dengan wartawan. Ketika ditanya mengenai rahasia menjaga tubuhnya supaya tetap sehat, Vina hanya menjawab selalu minum air putih.

"Air putih itu luar biasa, apalagi untuk kecantikan. Cantik itu akan keluar dari dalam diri kita. Mama Ina, punten ya, enggak pernah diet suntik atau semacamnya. Segala sesuatu kalau dipaksakan pasti akan buruk," ungkap Vina.

Begitu pula dengan stamina tubuhnya ketika menyanyi, Vina mengakui tidak punya rahasia khusus. "Mama Ina dari dulu menyanyi bukan untuk diikuti. Kalau menyanyi biasanya kan harus latihan atau pemasan. Nah, aku enggak lakukan itu, karena itu sudah keseharianku," ujarnya.

"Prinsipku, bernyanyi harus dari hati, keluarnya kumaha, terserah. Mama Ina berpegang pada prinsip bahwa ekspresi wajah itu berbicara banyak. Suara yang keluar itu akan parau atau biasa tergantung pada ekpresi kita. Tetapi ini jangan diikutin ya," kata Vina yang mendapat julukan si "Burung Camar". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com