Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apresiasi Yama Carlos untuk TNI

Kompas.com - 24/09/2011, 09:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menjadi seorang tentara ternyata lebih susah daripada yang dipikirkan selama ini oleh aktor laga Yama Carlos. Lewat film terbarunya, Badai di Ujung Negeri, Yama yang sempat mencicipi rasanya menjadi tentara di perbatasan itu kemudian tergugah untuk menyemangati TNI dengan segala tanggung jawabnya.

"Apa yang ada di film memang begitu apa adanya. Ya kelengkapan senjatanya lah, bagaimana operasionalisasi TNI juga. Jadi tentara, menurut aku keren banget ya. Mereka menjaga kedaulatan negara jiwa dan raga yang dikorbankannya," kata  Yama usai penayangan film tebarunya di Blitzmegaplex, Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (23/9/2011) malam.

Memang, Yama sempat mencicipi latihan militer dari pengurusan fisik sampai urusan bela diri. Menurutnya, menjadi serdadu seperti yang dialaminya sebagai sosok tentara yang mendapat tugas di perbatasan, ternyata sangat sulit. "Jadi, saat setelah shooting sebulan, kondisi badan drop. Hari itu juga saat kondisi drop, divonis positif typus," ujarnya.

Demi bisa melanjutkan pekerjaan, Yama memutuskan untuk  istirahat total selama tujuh hari.  "Setelah itu, saya memilih untuk tetap shooting karena saya berpikir, bahkan dengan berada di camp, dan ketika sakit, saya merasa tambah semangat untuk menyelesaikan film sampai tuntas," paparnya menceritakan.

"Apa yang saya lakukan tidak sebanding misalnya dengan mereka para tentara yang di hutan-hutan, saat perang, nggak pernah ngerasa sakit. Saya yang baru saja merasakan sakit typus masak sudah loyo?" lanjut Yama bersemangat.

Karenanya, bagi Yama, salut dan acungan jempol bagi TNI, terlebih bagi mereka yang bertugas di perbatasan dan wilayah terluar demi menjaga kedaulatan negeri. "Maju terus TNI. Jagalah kedaulatan sekuat mungkin. Jangan sampai terebut. Salut buat TNI," tutup Yama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com