Maliq & D'Essentials: dari Timpuk ke Tepuk

Kompas.com - 25/09/2011, 02:53 WIB
Editor

Maliq & D’Essentials menyodorkan rasa neo soul dalam khazanah hiburan musik Tanah Air. Sebuah tawaran rasa musik yang berbeda di tengah banyak pilihan rasa yang hampir sama. Dan rupanya publik menyambutnya.

”Salahkah ku bila....” Sepotong lirik lagu berjudul ”Untitled” yang dinyanyikan vokalis Maliq D’Essentials, Angga, langsung disahuti penonton dengan syair lanjutannya, ”Kaulah yang ada di hatiku”.

Begitulah, interaksi antara Maliq D’Essentials (Maliq) dan massa yang memenuhi Istora Senayan, Jakarta, Jumat (23/9) malam, dalam perhelatan musik LA Light Java Soulnation Festival yang berlangsung tiga hari sampai 25 September.  

Antara Maliq dan massa seperti telah terjadi hubungan emosi. Mereka akrab benar dengan lagu-lagu Maliq, seperti ”Terdiam”, ”Dia”, ”The One”, ”Heaven”, dan ”Penasaran”. Pada lagu ”Penasaran”, misalnya, audiens ikut koor dari awal hingga akhir lagu. 

Maliq tampil dengan formasi Angga dan Indah pada vokal, Widi (drum), Amar (terompet), Ifa (keyboards), Jawa (bas), dan Lale (gitar). Mereka menggebrak konser dengan medley enam lagu yang diambil dari album pertama dan kedua, yakni ”Maybe You”, ”Terdiam”, ”Heaven”, ”Dejavu”, ”Blow My Mind”, dan ”Kangen”.

Selain Maliq D’essentials, Soulnation juga menampilkan sejumlah artis lokal, seperti Ras Muhamad dan Shaggy Dog. Juga penampil Nelly dari Amerika Serikat dan Sophie Ellis-Bextor dari Inggris.

Neo soul 

Neo soul merupakan subgenre soul dengan unsur utama soul dan R&B kontemporer. Ia juga mendapat pengaruh rasa dari elemen hip hop, funk, dan jazz. Musik ini berkembang di Amerika Serikat dan Inggris pada akhir tahun 1980 sampai era awal 1990-an dengan eksponen, seperti penyanyi Erykah Badu (38) dan Maxwell (38). Keduanya penyanyi keturunan Afro-Amerika.

”Kami memang menyukai dan dipengaruhi black music,” kata Angga, vokalis yang juga produser Maliq.

Angga mengakui, awak Maliq kemudian juga menyerap pengaruh

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.